Sabtu , 25 November 2017
Penting
417 Juta Orang Menderita Herpes, ini Cara Mencegahnya

417 Juta Orang Menderita Herpes, ini Cara Mencegahnya

idKesehatan – WHO menemukan sekitar 417 juta orang berumur 17-49 tahun mengidap virus herpes simplex tipe 2 (atau herpes kelamin). HSV-1 ditularkan lewat hubungan oral, dan menyebabkan adanya bisul di alat kelamin yang terinfeksi.

Meskipun demikian, seperti diwartakan Reuters, penyakit ini tidak hanya menjangkiti orang di daerah miskin, namun juga mulai melebar ke negara-negara kaya. “Higienitas yang membaik di negara-negara kaya menurunkan tingkat infeksi HSV-pada anak-anak, namun kaum remaja lebih berisiko terkena virus ini saat melakukan seks oral ketika secara seksual mereka aktif.”

Sami Gottlieb, seorang pejabat WHO mengatakan kepada Reuters,”Dibutuhkan percepatan untuk mengembangkan vaksin untuk melawan virus herpes, dan jika sebuah vaksin dirancang untuk mencegah infeksi virus HSV-2 juga bisa mencegah HSV-1, itu bisa merupakan pencapaian yang tinggi.”

Para peneliti belum mendapatkan sebuah vaksin yang efektif untuk melawan kedua jenis virus itu. Perusahaan farmasi Inggris, GlaxoSmithKline membatalkan percobaan vaksin setelah menemukan produk ini tidak efektif melawan HSV-2, meskipun efektif melawan HSV-1.

NBC News melaporkan bahwa orang Amerika Serikat mempunyai tingkat infeksi HSV-1 terendah yaitu sekitar 49% wanita dan 39% persen pria. Angka itu meningkat 60% di kawasan Asia Tenggara, dan 87% di Afrika.

Cara mencegah penularan herpes

Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS, guru besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dalam sebuah kolom tanya jawab kesehatan di KOMPAS.com menyebutkan HSV-2 terutama ditularkan melalui hubungan seksual. Obat antivirus seperti acyclovir dan valacyclovir dapat menghambat perkembangan virus, mengurangi terjadinya lesi dan mengurangi kemungkinan terjadinya penularan. Dia menyarankan orang akan lebih aman menggunakan kondom ketika melakukan hubungan seksual agar tak terhindar dari HSV-2.

Penggunaan kondom, seperti dipaparkan oleh Detikhealth juga disebutkan sebagai cara untuk mencegah penularan virus HSV-2 karena virus herpes tidak dapat melewati kondom latex jika digunakan dengan benar. Praktik ini cukup bisa mengurangi risiko penularan.

Selain itu, penderita juga diwajibakn jujur dengan pasangan jika salah satu memiliki infeksi penyakit seksual, hal ini bisa membantu mengurangi penularan melalui kontak seksual.

Jangan melakukan seks oral jika sedang flu atau diketahui memiliki HSV-1 di dalam mulut, karena ini bisa menjadi penyebar virus ke alat kelamin.

Setia pada satu pasangan (monogami) dan melakukan praktik seks yang aman setiap kali berhubungan tanpa ada pengecualian. Mengurangi gesekan dan juga mencegah timbulnya luka kecil di vagina atau penis yang berpotensi masuknya virus ke tubuh.

Mencuci tangan setelah menyentuh luka sebelum menyentuh bagian tubuh lain untuk menghindari penyebaran virus.

About Zan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »