Minggu , 24 September 2017
Penting
Asupan Gizi Ibu Hamil Sangat Menentukan Kesehatan Janin

Asupan Gizi Ibu Hamil Sangat Menentukan Kesehatan Janin

idKesehatan – Asupan gizi hamil sangat menentukan kesehatan janin. Maka dari itu, seorang ibu hamil harus benar-benar mengontrol pola dan menu makanan yang dikonsumsi. Sebenarnya pola makan untuk ibu hamil sangat mirip dengan konsep pola makan yang sehat. Akan tetapi, bagi seorang ibu hamil diharuskan lebih hati-hati dalam memilih makanan. Hal tersebut karena tidak setiap makanan sehat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Ingat kembali bahwa gizi pada ibu hamil merupakan hal yang sangat menentukan kondisi dan kesehatan janin.
Masa kehamilan bagi seorang wanita adalah masa yang sangat penting. Di mana wanita hamil tersebut diharuskan untuk terus menjaga kesehatannya sekaligus kesehatan janinnya. Oleh karena hal tersebut, gizi ibu hamil tentunya harus tercukupi agar janin yang dikandungnya tetap sehat. Ibu hamil tidak diperkenankan mengkonsumsi makanan sembarangan. Terdapat beberapa makanan yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Tentunya, seorang ibu hamil haruslah mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatannya dan janinnya, terutama adalah makanan-makanan yang dianjurkan oleh para dokter kandungan.

Berikut ini merupakan beberapa jenis gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan contoh makanannya sebagai asupan gizi ibu hamil.

Asam Folat

Asam folat sangat dibutuhkan oleh janin. Janin membutuhkan asam folat dengan jumlah yang banyak untuk pembentukan sel dan sistem syarafnya. Jika salah satu gizi ibu hamil ini tidak terpenuhi dengan jumlah yang banyak, maka pembentukan sel dan sistem syaraf janin akan berlangsung tidak sempurna sehingga akan menyebabkan bayi lahir dengan berbagai kelainan. Beberapa contoh makanan yang mengandung banyak asam folat dan direkomendasikan agar dikonsumsi oleh ibu hamil adalah beras merah, buah-buahan, dan sayuran hijau.

Kalsium

Gizi pada ibu hamil yang selanjutnya dan tentunya harus dipenuhi adalah kalsium. Kalsium sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi janin. Selain itu, jika ibu hamil mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dengan jumlah yang cukup atau bahkan lebih, ibu hamil dapat terhindar dari penyakit osteoporosis. Kekurangan asupan kalsium akan membuat janin mengambil kalsium yang ada pada tulang sang ibu. Nah, inilah penyebabnya mengapa ibu hamil yang kurang mendapat asupan kalsium rentan terkena penyakit osteoporosis. Makanan yang mengandung banyak kalsium dan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil adalah susu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Protein

Ibu hamil juga sudah seharusnya mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein. Hal tersebut karena protein berfungsi sebagai pembentuk sel dan darah. Protein juga merupakan salah satu sumber kalori serta zat pembangun. Makanan yang mengandung banyak protein misalnya, tempe, tahu, daging, dan kacang-kacangan.

Zat Besi

Zat besi juga sangat penting sebagai asupan gizi ibu hamil. Zat besi sangat penting sebab mampu membantu dalam pembentukan darah, terutama sel darah merah hemoglobin. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi juga bisa membuat ibu hamil terhindar dari penyakit anemia. Makanan yang mengandung banyak zat besi misalnya, ikan, daging, dan hati.

Vitamin

Vitamin banyak sekali macamnya. Semua makanan yang mengandung jenis-jenis vitamin tersebut baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Vitamin bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi, melindungi jaringan dari organ tubuh, menghindari kerusakan otak, juga membantu pertumbuhan tulang bayi. Ada banyak sekali makanan yang mengandung vitamin, misalnya, hati ikan, kuning, susu, telur, buah, dan sayuran. Semua makanan tersebut baik untuk menjadi gizi pada ibu hamil. Baca juga: 4 Vitamin Yang Baik Untuk Ibu Hamil.

Kalori

Ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalori. Saat hamil, ibu hamil memerlukan tambahan kalori sekitar 300-400kkal perharinya. Makanan 4 sehat 5 sempurna merupakan makanan yang direkomendasikan untuk memenuhi kalori yang dibutuhkan oleh sang ibu hamil. Ada baiknya jika jumlah kalori yang didapat berasal dari bahan makanan yang berbeda. Misalnya, 55% berasal dari nasi dan umbi-umbian yang berperan sebagai sumber karbohidrat, 35% berasal dari lemak hewani ataupun nabati, dan 10% berasal dari sayuran dan buah-buahan sebagai penghasil protein untuk melengkapi.

Nah, itulah tadi beberapa gizi ibu hamil yang harus dipenuhi. Ibu hamil tidak boleh egois dengan sembarang mengkonsumsi makanan apapun. Ia juga harus memperhatikan pertumbuhan dan kesehatan janinnya. Ibu hamil yang menjaga pola makannya tentunya akan memiliki janin yang lebih sehat dibandingkan dengan yang tidak menjaga pola makan.

About Zan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »