Selasa , 17 Oktober 2017
Penting
Benarkah Minum Es Saat Hamil Membuat Bayi Besar?

Benarkah Minum Es Saat Hamil Membuat Bayi Besar?

idKesehatan – Benarkah minum es saat hamil membuat bayi jadi besar? Perubahan hormon pada seorang ibu hamil membuat suhu dari tubuhnya jadi tinggi. Akibatnya seorang wanita hamil seringkali merasakan gerah dan kepanasan serta ingin minum air es. Namun kebanyakan perempuan hamil tak sedikit yang dilarang minum air es oleh orang disekitarnya karena takut bayi yang ada di dalam kandungannya jadi besar dan juga mengakibatkan sang ibu sulit saat melahirkan.

Padahal faktanya, minum air dingin atau air es sama sekali tak ada hubungannya dengan berat & ukuran bayi serta sulit melahirkan. Ibu hamil boleh saja jika ingin meminum air dingin, tapi dianjurkan juga untuk tidak keseringan. Karena minum air dingin akan membuat tubuh seseorang harus lebih banyak untuk membakar lemak ataupun kalori. Hal tersebut menyebabkan suhu tubuh jadi naik saat sedang mencerna air dingin. Sehingga wanita hamil akan kekurangan kalori serta mudah merasa lelah. Dengan kata lain, minum es saat hamil membuat bayi jadi besar hanyalah mitos saja.

Fakta lainnya menunjukkan bahwa umumnya seorang ibu hamil sangat suka minum air dingin tersebut dengan tambahan atau campuran sirup manis. Inilah yang perlu dihindari, karena seorang ibu hamil yang terlalu sering atau terlalu banyak mengonsumsi minuman atau makanan manis bisa mengakibatkan terkena penyakit diabetes. Selain itu, kandungan gula yang dikonsumsi juga akan membuat ukuran bayi Anda membesar dan dapat menyulitkan seorang ibu saat melakukan pesalinan normal. Kondisi tersebut terjadi karena pada saat kadar gula di dalam darah seorang ibu bertambah, maka otomatis bayi juga akan mendapat tambahan kadar gula. Kelebihan dari gula tersebut akan membuat bayi Anda lahir dengan berat yang besar. Jadi bukan karena air dingin yang membuat bayi Anda jadi besar, karena cairan yang berlebih di dalam tubuh nantinya akan dikeluarkan di dalam bentuk keringat dan juga urin.

Bagi seorang ibu yang punya riwayat diabetes sebaiknya mampu mengatur pola makan dan juga menghindari meminum air dingin atau air es yang manis, agar tidak membuat kadar gula di dalam darah naik dan menghindari kelahiran bayi dengan berat tubuh yang besar. Maka, penting sekali bagi wanita hamil untuk terus mengontrol kadar gula darahnya tersebut selama menajalni kehamilan dan setelah bayinya dilahirkan juga perlu dipastikan dulu kadar gula darah bayi agar tetap stabil serta tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi. Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Makanan Pedas?

Nah, apabila saat ini Anda sedang hamil dan suka minum air es atau air dingin, itu tidak akan membuat bayi Anda besar. Minum es saat hamil membuat bayi jadi besar hanyalah mitos saja. Ibu hamil boleh mengonsumsi air es atau air dingin asal tidak berlebihan dan sebaiknya jangan minum air dingin setelah Anda makan karena akan memperlambat kinerja saluran pencernaan untuk dapat menyerap makanan yang padat. Sebaiknya, Anda minum air hangat saja setelah makan.

About Zan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »