Selasa , 17 Oktober 2017
Penting
Berdiri membuat kaki mudah lelah dibanding berjalan – ini alasanya!

Berdiri membuat kaki mudah lelah dibanding berjalan – ini alasanya!

idKesehatan – Mengapa berdiri membuat kaki mudah lelah dibanding berjalan?

Berdiri dalam waktu lama terutama untuk menunggu adalah hal yang menyebalkan. Selain membosankan, entah kenapa Anda akan merasa bahwa kaki menjadi mudah lelah sehingga akhirnya Anda memutuskan untuk sedikit berjalan untuk menghilangkan perasaan lelah dan pegal itu.

Perasaan lelah yang muncul karena berdiri itu ternyata disebabkan oleh beberapa hal yang membuat tubuh bekerja secara tidak seimbang. Dilansir dari Today I Found Out, berikut empat alasan mengapa tubuh menjadi mudah lelah ketika berdiri.

1. Tubuh tidak beristirahat ketika berdiri

Walaupun terlihat seperti diam saja, ketika berdiri tubuh Anda tidak benar-benar istirahat. Ketika berdiri ini beberapa bagian tubuh terus bekerja untuk menyesuaikan keseimbangan otot demi menunjang posisi berdiri Anda. Perubahan-perubahan pada otot ini cenderung lebih membuat cepat lelah karena hanya dipusatkan pada beberapa titik tubuh saja. Ketika berjalan, pengaturan keseimbangan dari otot ini dilakukan secara lebih merata pada banyak bagian tubuh.

2. Distribusi kerja tubuh yang tidak seimbang

Ketika berada dalam posisi berdiri, berat tubuh hanya ditanggung oleh bagian telapak dan kaki saja. Ketika berjalan, titik berat tubuh terbagi secara lebih seimbang pada beberapa bagian. Ketika berdiri, beban yang ditanggung oleh otot kaki menjadi dua kali lipat dibanding yang dibutuhkan untuk berjalan.

3. Asupan darah dan oksigen yang kurang

Pada posisi berdiri, darah berhenti pada telapak kaki, betis, dan persendian. Hal ini terjadi karena posisi tegak seperti ini membuat darah tidak dapat terpompa secara efektif ke tubuh bagian atas. Itu yang menyebabkan kadang ketika Anda berdiri, kaki menjadi kesemutan. Selain itu, ketika dalam posisi berdiri yang pasif, otot sekitar kaki menjadi kekurangan oksigen yang dibawa bersama darah.

4. Rasa bosan

Secara psikologis, berdiri dan berada dalam keadaan pasif membuat seseorang menjadi lebih cepat bosan. Ketika dalam kondisi diam ini maka waktu akan terasa menjadi sangat lama dan Anda dapat merasakan kelelahan yang Anda alami dibanding ketika sedang beraktivitas.

Berdiri ternyata bukanlah posisi yang baik bagi sistem kerja tubuh, selain itu kebosanan yang ditimbulkannya juga dapat membuat rasa lelah yang Anda miliki semakin terasa. Jadi lain kali jika Anda menunggu, lakukanlah berbagai aktivitas kecil yang memungkinkan untuk membuat Anda merasa tidak terlalu bosan atau tubuh Anda bekerja secara normal

About Zan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »