Sabtu , 23 September 2017
Penting
Cara Mengobatinya Gusi Bengkak

Cara Mengobatinya Gusi Bengkak

idkesehatan.com-Gusi yang bengkak sangatlah menyiksa dan tentu membuat anda merasa tidak nyaman sepanjang hari. Gusi bengkak (Gingivitis) adalah peradangan dan infeksi pada jaringan gusi. Sumber infeksi adalah bakteri yang menghuni rongga mulut, menginfeksi gigi (plak), mengeras dan menjadi karang gigi. Gingivitis ditandai dengan kemerahan dan bengkak pada jaringan gusi, perdarahan sementara saat menyikat gigi, nyeri atau rasa sakit pada gusi, rasa tidak enak di mulut, bau mulut, pembentukan nanah di antara gigi dan gusi.

 

Penyebab utama terjadinya gusi bengkak biasanya karena kurangnya menjaga kebersihan mulut, mengkonsumsi makanan yang manis secara berlebihan seperti permen, adanya infeksi dalam gigi dan gusi, alergi, pemakaian kawat gigi atau behel yang terlalu rapat sehingga menyebabkan tekanan pada gusi, kurangnya asupan vitamin C dan juga mengkonsumsi makanan kurang sehat juga mempengaruhi pembengkakan pada gusi.

Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Ada berbagai pengobatan alami yang bisa anda coba untuk mengobati rasa sakit akibat gusi bengkak. Namun, banyak dari pengobatan tersebut memberikan hanya bantuan untuk meredakan rasa sakit pada gusi. Jika anda mengalami pembengkakan pada gusi secara terus menerus dan akut, maka pemeriksaan secara medis mutlak dilakukan. Berikut ini beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami dan cepat yang bisa anda lakukan di rumah, yaitu antara lain:

  1. Berkumur Air Garam. Cara mengatasi gusi bengkak yang pertama adalah dengan air garam, dimana sangat bagus untuk meredakan pembengkakan gusi karena didalamnya terdapat zat antiseptik dalam melawan kuman penyebabnya. Anda bisa berkumur dengan air garam 2-3 kali dalam sehari yang dilanjutkan berkumur memakai air bersih. Lakukan secara teratur.
  2. Dengan Daun Sirih. Caranya yaitu ambil 10 helai daun sirih dan campurkan kunyit dan garam secukupnya. Masukkan ketiga bahan tersebut dalam 500cc air dan biarkan hingga mendidih. Setelah itu, saring airnya dan gunakan sari tersebut untuk berkumur atau juga bisa diminum.
  3. Lada Hitam Dan Minyak Cengkih. Kedua bahan ini merupakan bahan tradisonal yang dipercaya untuk mengatasi pembengkakan gusi. Caranya yaitu cukup mengoleskan minyak cengkih dengan sedikit lada hitam pada area gusi yang bengkak. Ini ampuh untuk meredakan rasa nyeri yang ditimbulkanya.
  4. Pijatan Gusi. Cara mengobati gusi bengkak secara alami selanjutnya adalah Pijatan Gusi. Memang hal ini jarang dilakukan oleh kebanyakan orang, namun ini merupakan tips yang bagus untuk mengurangi rasa sakit. Caranya yaitu gunakan jari telunjuk untuk memijat gusi yang bengkak dengan gerakan melingkat. Pastikan terlebih dahulu bahwa tangan anda sudah bersih agar tidak memicu adanya bakteri lain pada mulut anda.
  5. Hidrogen Peroksida/Baking Soda. Anda juga bisa untuk berkumur menggunakan Baking Soda. Obat kumur ini mamapu untuk mengurangi rasa sakit gusi dan mencegah tersebarnya bakteri penyebab pembengkakan gusi tersebut.
  6. Sikat Gigi Secara Rutin. Yang keenam yaitu dengan sikat gigi secara teratur. Hal ini sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi anda. Jangan serta merta bila anda sudah sembuh dari pembengkakan gusi, kemudian anda semakin jarang untuk menyikat gigi anda. Baiknya 2-3 kali anda melakukan gosok gigi setiap harinya atau sesudah mengkonsumsi makanan.

Jika cara mengobati gusi bengkak secara alami yang disebutkan diatas ini tidak membuahkan hasil, maka sebaiknya segera anda memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

About Bayu Kusuma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »