Jumat , 20 Oktober 2017
Penting
Cara Sehat Mengatasi Stress

Cara Sehat Mengatasi Stress

idkesehatan.com-Terkadang kita merasa  marah dan meluapkannya dengan cara yang kita sesali kemudian? Hal ini terjadi pada kebanyakan orang dan mengakibatkan kesulitan-kesulitan dalam hidup kita. Tetapi hal ini bisa menjadi kebiasaan terhadap kita. Kita menjadi sering marah-marah hanya karena masalah kecil dan menjadi kebiasaan setiap hari. Jika Anda menyadari Anda salah satunya, jangan khawatir tetapi Anda harus menyadari bahwa Anda harus menghadapi kemarahan ini. Pikirkan lagi, kenapa Anda melakukannya dan bagaimana akibatnya dalam kehidupan Anda?

Terlalu banyak kemarahan akan memberikan efek dalam banyak aspek kehidupan kita. Marah sampai diluar control dapat menyakiti kita secara fisikal dan mental. Kemarahan itu juga dapat merusak hubungan kita dengan orang lain, karir dan kehidupan social. Kemarahan dapat benar-benar merusak kita.

Coba kita cari jalan keluar untuk menghadapi kemarahan Anda secara sehat:

Berhitung mundur dari 10 ke 1

Ketika Anda marah, mulailah berhitung mundur dari 10 sampai 1, lakukan secara perlahan. Hal ini akan mengalihkan perhatian Anda dari permasalahan yang membuat Anda marah, juga memberikan Anda waktu untuk berpikir.

Pergi berjalan-jalan

Secara umum ketika Anda marah, baik alasannya karena orang lain atau masalah keluarga, segeralah keluar dan menjauhi mereka. Pergilah berjalan-jalan dan Anda dapat berpikir lebih baik. Ini akan sangat membantu Anda.

Tarik nafas dalam-dalam

Menarik nafas dalam-dalam adalah salah satu cara yang baik untuk mengatasi kemarahan. Tarik nafas dan berkonsentrasilah. Dalam setiap tarikan nafas, energi kemarahan akan perlahan pergi dari Anda. Cara ini akan membuat Anda lebih tenang, memberi waktu untuk menenangkan pikiran.

Kenali alasannya

Cara yang sehat untuk mengatasi kemarahan adalah dengan menemukan penyebabnya dan berusaha untuk memecahkannya. Pastikan Anda bisa mengidentifikasi masalahnya sendiri saat Anda sudah merasa lebih tenang. Anda juga bisa meminta keluarga atau teman untuk membantu.

Mencari solusi masalah

Sekarang, setelah Anda berhasil mengidentifikasi masalah yang membuat Anda marah, cobalah mencari pemecahannya.

Berlatih meditasi

Berlatih meditasi, yoga atau latihan lainnya sangat bagus untuk semua orang. Meditasi bisa membawa pengaruh yang baik untuk kesehatan mental dan emosional. Meditasi akan membuat Anda lebih toleran dalam menghadapai berbagai situasi dan membantu dalam mengontrol emosi.

Belajar untuk melupakan dan memaafkan

Terkadang Anda perlu melupakan mengenai masalah yang membuat Anda marah. Melupakan dan memaafkan kadang sulit dilakukan dan membutuhkan waktu, tetapi juga merupakan cara terbaik untuk mengatasi kemarahan jika Anda mau mencobanya.

Berdiskusi dengan teman

Terkadang rasa frustasi kita menyebabkan kemarahan dan sering dilampiaskan ke keluarga. Cobalah membicarakannya  dengan teman dekat Anda. Terbuka kepada teman terkadang membuat masalah terasa lebih ringan.

Lakukan apa yang Anda sukai

Menari, mendengarkan musik, berjalan-jalan dan bertemu teman, atau lakukan hal lain yang Anda sangat sukai saat Anda sedang marah. Walaupun sulit untuk mengubah mood yang sedang buruk, tetapi akan lebih mudah jika Anda sudah mencobanya.

Hidup itu indah

Percaya dan berpikir positif, dan katakan ‘hidup itu indah’, ‘saya beruntung memiliki kehidupan yang begitu indah.’ Coba ulangi kalimat-kalimat yang bersifat positif ini ketika Anda marah. Hal ini akan menenangkan pikiran Anda.

About Bayu Kusuma

Translate »