Senin , 11 Desember 2017
Penting
Diet OCD

Diet OCD

idKesehatan – Diet OCD merupakan cara mudah menurunkan berat badan. Kunci keberhasilan diet OCD ada dua point penting yang perlu diperhatikan. Pertama, harus mengikuti aturan jendela makan yang telah ditentukan. Kedua, tidak boleh mengkonsumsi 1 kalori pun di luar jendela makan tersebut. Diet OCD (Obsessive Corbuziers Diet) pertama kali diperkenalkan oleh mentalis terkenal Deddy Corbuzier.

Kebanyakan diet memang menyiksa, karena harus membatasi menu makanan harian. Berbeda dengan diet OCD, pelakunya bebas makan apa saja asalkan masih pada jam jam tertentu yang telah ditentukan. Mudah bukan? Anda bisa menurunkan berat badan dengan cara yang menyenangkan.

Meskipun bebas makan apa saja, namun Deddy Corbuzier menyarankan agar tidak rakus. Makanlah apa yang biasa Anda makan, jangan merubah pola makan. Jika biasanya Anda makan nasi rames, gara-gara OCD Anda makan junk food. Jangan malah semakin gila. Jika biasanya makan nasi remes maka tetap makan nasi rames, hanya waktunya saja yang dibatasi.

Berikut ini panduan melakukan diet OCD
1. Tidak boleh sarapan minimal 3-4 jam setelah bangun tidur.
2. Makan 8 / 6 / 4 jam sehari (diluar jam itu hanya minum air putih atau teh tanpa gula)

Jendela makan 8 jam, Anda dapat memulai makan dari jam 12 siang hingga jam 8 malam. Anda boleh makan apa saja di jam tersebut, boleh makanan apapun yang Anda suka, sebaiknya jangan berlebihan. Di luar jam tersebut, Anda harus puasa dan hanya boleh minum air putih sesuai kebutuhan (air tidak boleh mengandung kalori).

Jendela makan 6 jam, Anda
dapat mulai makan dari jam 12 siang hingga jam 6 sore. Peraturannya sama seperti jendela makan 8 jam.

Jendela makan 4 jam, Anda boleh makan dari jam 12 siang hingga jam 4 sore, atau mulai makan di jam 2 siang sampai jam 6 sore. Anda dapat mengatur sendiri waktunya sesuai dengan kebutuhan. Peraturannya sama seperti jendela makan 8 jam dan 6 jam.

Ada juga puasa 24 jam, penerapannya adalah Anda hanya makan sekali saja. Setelah itu Anda puasa. Namun tidak harus dilakukan setiap hari. Anda bisa melakukannya seminggu sekali atau tiga minggu sekali.

Cara Melakukan Diet OCD untuk Pemula
Bagi Anda yang masih baru memulai melakukan diet OCD, berikut ini contoh panduan yang bisa Anda terapkan.
Pada minggu pertama, Anda dapat melakukan jendela makan 8 jam.
Minggu kedua Anda bisa merubah ke jendela makan 6 jam.
Pada minggu ketiga, masuk ke jendela makan 4 jam. Jika Anda gagal, maka dapat mengulangi lagi ke jendela makan 6 jam. Namun segera kembali ke jendela makan 4 jam agar cepat menurunkan berat badan.
Minggu keempat Anda dapat mengkombinasikan jendela makan 4 jam dengan sekali puasa 24 jam. Misalnya pada hari senin Anda makan mulai jam 12 siang, maka makan lagi keesokan harinya jam 12 siang. Hari selasa sudah masuk jendela makan 4 jam hingga seminggu kedepan.
Minggu kelima Anda dapat melakukan diet OCD secara fleksibel dengan mengkombinasikan jendela makan 4 jam dengan dua kali atau sekali puasa 24 jam sesuai dengan kebutuhan.

Kontroversi Diet OCD Deddy Corbuzier
Namun belakangan muncul kontroversi seputar diet tersebut. Hal ini dikarenakan diet OCD melarang sarapan pagi, sedangkan para ahli gizi menyatakan bahwa sarapan pagi sangat penting untuk proses kerja tubuh selama beraktifitas. Meskipun demikian, banyak pelaku diet OCD yang mengirimkan testimonial ke Twitter Deddy Corbuzier yang menyatakan bahwa mereka berhasil menurunkan berat badan dan membentuk tubuh.

About Zan

One comment

  1. super sekali saya sudah mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »