Minggu , 24 September 2017
Penting
Jangan Sepelekan Keringat Berlebih

Jangan Sepelekan Keringat Berlebih

idKesehatan – Saat cuaca sedang panas, tubuh kita akan secara alami mengeluarkan keringat. Keringat berfungsi untuk membantu menyejukkan kulit seperti yang dirasakan saat kulit tertiup angin. Keringat mungkin akan meninggalkan rasa lengket pada kulit Anda, tetapi itu adalah cara terbaik untuk membuat Anda tetap merasa sejuk. Keringat juga akan keluar, saat Anda melakukan olahraga, dalam beberapa kasus keringat keluar cukup banyak. Hal ini disebabkan karena aktivitas fisik yang Anda lakukan dapat menyebabkan jantung Anda berdebar lebih cepat sehingga menyebabkan kenaikan temperatur tubuh. Untuk menyejukkannya, Anda akan berkeringat secara alami. Dalam beberapa kasus, ada orang yang berkeringat saat merasa grogi.

Jadi, bisa dikatakan bahwa keringat adalah sebuah fenomena alami dalam tubuh manusia. Tetapi, ada beberapa orang yang berkeringat lebih banyak daripada yang lainnya. Bila Anda berkeringat lebih banyak daripada orang lain, hal tersebut tidak selalu berarti buruk.

Apa itu keringat berlebihan?

Keringan berlebihan atau hiperhidrosis adalah sebuah keadaan saat tubuh mengeluarkan keringat melampaui kebutuhan tubuh. Misalnya, saat Anda sedang menonton televisi di ruangan dengan fasilitas pendingin ruangan, tidak mengalami demam dan tidak sedang merasa cemas, tapi Anda mulai berkeringat deras tanpa sebab yang jelas. Hal tersebut merupakan pertanda bahwa Anda mungkin memiliki kondisi medis.

Ada dua tipe utama keringat berlebihan:

  1. Hiperhidrosis lokal

Jenis keringat ini disebut lokal karena hanya memengaruhi bagian-bagian tertentu tubuh saja, seperti ketiak, pangkal paha, kepala, wajah, tangan, atau kaki. Gejalanya juga cenderung simetris, terjadi pada kedua sisi. Meskipun merupakan sebuah kondisi medis, ini bukanlah tanda penyakit. Meskipun penyebabnya belum diketahui secara pasti, hal ini diduga terjadi akibat adanya kerusakan dalam sistem saraf.

  1. Hiperhidrosis general

Jenis hiperhidrosis yang kurang umum ini menyebabkan seluruh tubuh berkeringat yang sangat banyak. Ini juga disebut dengan hiperhidrosis general sekunder.  Disebut sekunder karena ini disebabkan oleh hal lain, seperti adanya kondisi kesehatan yang mendasari. Ada banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan hiperhidrosis tipe ini, seperti menopause, diabetes, gagal jantung, stroke, leukimia, limfoma, dan kondisi medis lainnya. Beberapa jenis obat-obatan, seperti beta-bloker, juga ditemukan dapat menyebabkan hiperhidrosis general ini.

Kapan harus ke dokter?

Anda harus segera mencari bantuan medis jika Anda menunjukkan gejala-gejala berikut ini:

  1. Bangun tidur dengan keringat dingin atau Anda menemukan sarung bantal dan sprei Anda basah di pagi hari.
  2. Jika seluruh tubuh Anda berkeringat, dan bukan hanya dari kepala, wajah, ketiak, pangkal paha, tangan, atau kaki.
  3. Jika Anda berkeringat hanya di salah satu bagian tubuh saja, seperti satu ketiak saja.
  4. Berkeringat disertai dengan gejala lain, seperti kelelahaan, insomnia, sering merasa haus, sering buang air kecil, atau batuk.

Meskipun Anda tidak memiliki gejala-gejala tersebut, tetapi bila Anda merasa keringat tubuh Anda berlebihan dan mengganggu rutinitas Anda, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Meskipun tidak ada pengobatan yang jelas untuk hiperdrosis lokal primer, ada cara untuk mengontrol gejalanya. Gunakanlah antiperspiran atau deodoran untuk mengurangi jumlah keringat pada ketiak dan daerah yang berkeringat lainnya. Ada beberapa obat yang dapat menghambat kelenjar keringat untuk mengeluarkan keringat terlalu banyak. Hiperhidrosis sekunder juga dapat diatasi tergantung dengan apa yang menjadi penyebabnya.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »