Minggu , 24 September 2017
Penting
Kanker Kulit

Kanker Kulit

idkesehatan.com-Kanker kulit adalah pertumbuhan sel yang tidak normal di jaringan kulit, umumnya karena banyak tersengat terik matahari atau dampak radiasi ultraviolet (UV). Namun dalam banyak kasus, kanker kulit juga muncul di bagian tubuh yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.
Jenis Kanker Kulit

Ada 4 jenis penyakit kanker kulit, yaitu:

Melanoma. Jenis ini paling mematikan dan dapat menyebar dengan cepat di seluruh tubuh. Ditandai denga munculnya titik-titik baru seperti tahi lalat atau titik lama yang mengalami perubahan bentuk, ukuran dan warna.
Nodular Melanoma. Jenis ini berkembang denan cepat, tetapi kenampakannya berbeda dengan Melanoma pada umumnya. Titik yag terbentuk pada kulit berstruktur keras dan tak lama kemudian akan berdarah dan berkerak.
Basal Cell Carcinoma. Jenis ini paling tidak berbahaya dibandingkan jenis yang lain. ditandai denga kulit yang mengeras atau kering dan bersisik. Berkembang dengan lambat pada daerah yang sering terpapar sinar matahari.
Squamous Cell Carcinoma. Ditandai dengan penebalan kulit dan titik berwarna kemerahan. Bagian ini dapat berdarah dengan mudah dan menjadi seperti bisul. Pertumbuhanya dalam hitungan bulan, pada area yang biasa terpapar sinar matahari secara lagsung. Jenis terakhir ini banyak diderita pada usia 50 tahun ke atas.

Penyebab Kanker Kulit

Setiap orang beresiko menderita kanker kulit, tetapi pada kondisi tertentu, seseorang lebih beresiko menderita kanker kulit dibandingkan yang lainnya karena adanya faktor-faktor yang memicu. Faktor-faktor penyebabnya antara lain:

Ada catatan kesehatan keluarga yang pernah menderita kanker kulit. 5% penderita Melanoma memiliki sejarah keluarga dengan kanker kulit jenis yang sama.
Memiliki tipe kulit yang sensitif terhadap radiasi sinar ultraviolet, sehingga mudah merasa terbakar dan melepuh jika terkena sinar matahari. Semakin gelap warna kulit seseorang, bararti kadar pigmennya semakin tinggi. Ini meminimalisir resiko mengidap kanker kulit.
Mempunyai banyak tanda lahir atau biasa disebut tahi lalat di kulitnya. Jumlah tahi lalat ini dipengaruhi oleh faktor genetik dan radiasi sinar matahari.
Terlalu banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, tanpa menggunakan pelindung sinar matahari semasa hidupnya.

Gejala Kanker Kulit

Kanker kulit muncul dengan tanda dan gejala yang bermacam-macam tergantung jenisnya.
• Melanoma: Bercak melebar dengan warna lebih gelap dari sekitarnya, Tahi lalat yang berdarah atau berubah warna dan ukurannya, Bercak seperti bekas luka dengan pinggiran tidak rata, warnanya merah, putih, biru atau kehitaman, Bercak di telapak dan punggung tangan, jari tangan atau kaki, atau membran mukosa di sekitar mulut, hidung, vagina dan anus.
• Basal Cell Carcinoma: Benjolan bening dan mengkilat, Luka berwarna coklat atau seperti daging yang bentuknya rata.
• Squamous Cell Carcinoma: Bercak kemerahan yang terasa lembut jika diraba, Luka kering yang bersisik atau berkerak dan bentuknya rata.
Pengobatan dan Terapi Kanker Kulit

Jenis, ukuran dan kedalaman tempat tumbuh kanker kulit menentukan cara pengobatannya. Kanker masih stadium awal yang hanya di permukaan bisa diangkat lewat biopsi, namun jika lebih parah harus diatasi dengan terapi yang lain.

Beberapa jenis terapi untuk kanker kulit antara lain sebagai berikut:
– Bedah kecil: atau Excisional surgery adalah operasi penyayatan untuk membuang sel kanker kulit yang berwujud seperti kerak. Kadang, kulit yang disayat lebih lebar dari ukuran kankernya untuk memastikan tidak ada sel kanker yang tertinggal.
– Kemoterapi: Jenis kemoterapi masih dibagi lagi berdasarkan tempat tumbuhnya kanker. Jika sel kanker masih di permukaan, obat kemoterapi diberikan dalam bentuk salep sedangkan jika sudah menyebar maka harus dengan obat yang diminum.
– Laser: Keuntungan laser adalah tidak memicu pendarahan, luka atau bengkak. Namun biayanya sangat mahal.
Pembekuan: Teknik ini disebut cryosurgery, yakni membekukan sel kanker dengan nitrogen cair sehingga sel-sel tersebut mati dan tidak menyebar lagi.

About Bayu Kusuma

Translate »