Minggu , 24 September 2017
Penting
Kenapa Minum Manis Menyebabkan Menarche Lebih Awal

Kenapa Minum Manis Menyebabkan Menarche Lebih Awal

Informasi Kesehatan – idkesehatan.com – Menarche adalah saat haid yang datang pertama kali pada seorang wanita yang sedang menginjak dewasa. Usia remaja putri pada waktu mengalami menarche berbeda-beda, sebab hal itu tergantung kepada faktor genetik (keturunan), bentuk tubuh, serta gizi seseorang. Umumnya menarche terjadi pada usia 10 – 15 tahun, tetapi rata-rata terjadi pada usia 12,5 tahun. Namun, ada juga yang mengalami lebih cepat/dibawah usia tersebut. Menarche yang terjadi sebelum usia 8 tahun disebut menstruasi precox. Menarche dalam dunia kedokteran yang artinya saat dimana haid/menstruasi datang pertama kalinya pada seorang wanita yang sedang menginjak remaja. Menarche merupakan tanda seorang wanita masuk dalam masa pubertas. Usia remaja putri pada waktu mengalami menarche berbeda-beda dan bervariasi satu sama lain dan umumnya terjadi pada rentang usia 10-15 tahun. Namun, ada pula beberapa wanita yang mengalami menarche lebih cepat dari rentang usia tersebut.

Berbagai faktor diduga mempengaruhi usia awal datangnya menarche pada perempuan. Seiring dengan perubahan pola hidup saat ini ada kecenderungan anak perempuan mendapatkan menstruasi yang pertama kali usianya makin lebih muda. Ada 2 faktor yang menyebabkan terjadinya menstruasi datang lebih dini, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal biasanya terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormonal yang dibawa sejak lahir. Kondisi ini kemudian dipicu pula oleh faktor eksternal, seperti makanan (terutama junkfood), lingkungan yang modern serta tingkat kemakmuran masyarakat di suatu daerah.

Sebuah penelitian, seperti yang dikutip dari mims.com menyebutkan bahwa anak perempuan yang minum minuman dengan kandungan gula lebih dari 1,5 dalam takaran penyajian setiap hari cenderung mengalami menstruasi pertamanya beberapa bulan kemudian, dibandingkan dengan anak-anak perempuan yang minum minuman dengan kandungan gula lebih rendah dalam setiap minggunya. Efek dari konsumsi minuman manis tersebut terhadap datangnya menarche lebih awal ternyata signifikan bahkan setelah mempertimbangkan faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan menarche terjadi lebih awal seperti BMI (Body Mass Index), berat badan lahir, ras/etnis, tinggi badan, total makanan yang dikonsumsi dan aktivitas fisik.

Penjelasan untuk penyebab mengapa menarche datang lebih awal adalah karena minuman manis yang mengandung gula memiliki indeks glikemik yang tinggi dibandingkan yang lain. Indeks glikemik yang tinggi menyebabkan terjadinya lonjakan cepat dari konsentrasi insulin tubuh, yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan konsentrasi hormon seks.Hasil penelitian ini sangat penting karena fenomena saat ini dimana anak-anak sudah mulai banyak yang obesitas terutama di negara maju dan juga karena menarche yang lebih awal dari rentang usia normal memiliki risiko yang lebih tinggi menderita kanker payudara di kemudian hari.

Peran orangtua disini penting untuk mengurangi faktor risiko agar menarche tidak terjadi di usia yang terlalu awal dari rentang usia normal. Pembatasan minuman manis, menjaga agar anak tidak obesitas, memperhatikan aktivitas fisik anak merupakan langkah yang dapat ditempuh orangtua pada anak perempuannya sejak usia dini.

Proses Terjadinya Menstruasi
Pada saat seorang bayi perempuan dilahirkan ovariumnya mengandung ratusan ribu sel telur tetapi belum berfungsi, ketika seorang perempuan mamasuki usia pubertas dan terjadi proses yang disebut siklus menstruasi (jarak antara lain hari pertama manstruasi bulan ini dengan hari pertama menstruasi bulan berikutnya). Siklus terjadi perubahan pada dinding rahim sebagai akibat dari reproduksi hormon-hormon oleh ovarium, yaitu dinding rahim makin menebal sebagai persiapan jika terjadi kehamilan. Ketika ada sel telur yang matang akan mempunyai potensi untuk dibuahi oleh sperma hanya dalam 24 jam. Bila ternyata tidak terjadi pembuahan maka sel telur akan mati dan terjadilah perubahan pada komposis kadar hormon yang akhirnya membuat dinding rahim tadi akan luruh disertai perdarahan, inilah yang disebut menstruasi

Haid
Haid adalah perdarahan secara periodik dan siklik dari uterus disertai pelepasan (deskuamasi) endometrium. Lama haid biasanya antara 3–5 hari, ada yang 1–2 hari diikuti darah sedikit-sedikit kemudian dan ada yang 7–8 hari. Pada setiap wanita biasanya lama haid itu tetap.

Siklus Haid
Siklus haid adalah jarak antara tanggal mulainya haid yang lalu dan mulainya haid berikutnya. Panjang siklus haid yang normal atau dianggap sebagai siklus haid yang klasik ialah 28 hari ditambah atau dikurangi 2–3 hari
Satu siklus haid dibagi atas beberapa fase, selama ± 1 bulan dapat kita bedakan 4 masa (stadium) :

  1. Stadium menstruasi atau deskuamasi (3-7 hari)
  2. Stadium proliferasi (7-9 hari)
  3. Stadium sekresi (11 hari)
  4. Stadium pramenstruasi (3 hari)

Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan pada Saat Haid
kejadian menarche dan menstruasi dipengaruhi beberapa faktor yang mempunyai sistem tersendiri yaitu :

  1. Sistem susunan saraf pusat dengan pancaindranya.
  2. Sistem hormonal aksis hipotalamo-hipofisis-ovarial.
  3. Perubahan yang terjadi pada ovarium.
  4. Perubahan yang terjadi pada uterus sebagai organ akhir.
  5. Rangsangan estrogen dan progesteron pada pancaindra, langsung pada hipotalamus dan melalui perubahan emosi

sumber: kesehatan indonesia

About Trisno Lovers

Translate »