Sabtu , 23 September 2017
Penting
Makanan Sehat yang Ideal untuk Berbuka Puasa

Makanan Sehat yang Ideal untuk Berbuka Puasa

idkesehatan.com – Setelah seharian berpuasa, tubuh harus segera mendapatkan asupan energi agar cepat mendapatkan tenaga kembali. Makanan atau minuman yang dikonsumsi sebaiknya bisa melepaskan energi dengan segera, salah satunya dengan karbohidrat sederhana atau gula.

Makanan atau minuman manis bisa menaikkan gula darah lebih cepat dan cenderung bersahabat bagi lambung. Namun konsumsinya juga perlu dibatasi karena jika terlalu berlebihan, justru lemas dan perut tidak nyaman yang dirasakan kemudian. Konsumsilah secukupnya hanya untuk membatalkan puasa dan mengembalikan energi. Ini beberapa sarannya.

1. Kurma
kurma
Kurma merupakan makanan yang sangat ideal untuk berbuka puasa. Kandungan gula alaminya tinggi, selain itu juga kaya serat yang bisa melancarkan sistem pencernaan. Makanlah tiga butir kurma saat buka puasa, dilanjutkan dengan beberapa teguk air putih.

2. Buah Segar
Buah Segar
Buah segar bisa menjadi hidangan yang baik untuk berbuka puasa. Pepaya, melon juga pisang menjadi pilihan yang baik karena memiliki tekstur lembut sehingga mudah dicerna oleh usus.

3. Kolak
kolak
Pada umumnya kolak berisi labu, ubi, pisang, dan kolang-kaling. Pilih kolak dengan isi yang lembut dan tidak keras supaya mudah dicerna. Tidak perlu khawatir dengan kandungan santan yang terdapat dalam kolak, karena santan yang tercampur dalam kolak biasanya encer sehingga cenderung aman di lambung.

4. Air Kelapa Murni
khasiat-kelapa-air-kelapa-muda
Air kelapa murni juga minuman yang ideal untuk berbuka puasa. Air kelapa kaya akan mineral yang diperlukan untuk mengganti cairan elektrolit yang hilang selama berpuasa. Dengan begitu, tubuh tidak menjadi lemas. Perlu diingat, air kelapa sebaiknya tidak dicampur dengan bahan lain seperti es, santan atau gula yang berlebihan. Lebih baik meminum air kelapa yang belum dicampur bahan apa pun.

5. Minuman Hangat
teh-untuk-buka-puasa
Selain air kelapa, disarankan juga meminum sesuatu yang hangat misalnya teh manis hangat. Minuman dingin bisa membuat perut cepat kenyang, sehingga kita kehilangan selera untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, yang tidak didapatkan tubuh selama berpuasa. Selain itu air atau makanan yang terlalu dingin bisa mengganggu penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh. Selain minuman Anda juga bisa memakan sesuatu yang hangat lainnya, misalnya sup jagung atau sup sayuran.

6. Yoghurt
Yoghurt
Produk susu olahan ini dapat diandalkan sebagai menu untuk berbuka karena bernutrisi dan mengenyangkan. Dibandingkan dengan sirup, yoghurt lebih kaya akan sumber energi, protein, mineral, serta vitamin. Selain itu yoghurt juga bermanfaat memperbaiki sistem pencernaan sehingga Anda bisa tetap sehat dan nyaman selama puasa.

Sebagian dari Anda mungkin ragu untuk mengonsumsi yoghurt untuk berbuka karena rasanya yang asam ditakutkan akan menimbulkan maag atau sakit perut. Namun pakar gizi Dr Marya W. Haryono MGIZI, SpGk mengatakan jika yoghurt memiliki pH berkisar antara 4-5 yang masih bisa ditolerir perut.

Yoghurt juga pantas dijadikan asupan berbuka karena bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Misalnya dijadikan campuran buah potong sehingga semakin menyegarkan dan mengenyangkan.

About Lucia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »