Selasa , 17 Oktober 2017
Penting
Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan

idkesehatan.com – Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan. Salak menjadi salah satu buah yang direkomendasikan untuk di konsumsi. Berbagai khasiat buah salak yang baik untuk kesehatan akan kita kaji bersama guna menambah wawasan yang mungkin berguna untuk kita semua, berikut adalah berbagai macam manfaat buah salak yang terkandung didalamnya.

Meski pada beberapa varian salak memiliki rasa yang asam, buah khas Indonesia satu ini tetap tidak kehilangan penggemarnya! Tidak hanya karena rasanya yang unik, salak juga digemari karena kandungan nutrisinya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Yap. Seperti dilansir laman www.healthbenefitstimes.com, berikut ini adalah manfaat salak bagi kesehatan kita. Yuk, disimak!

Manfaat Buah Salak

  1. Manfaat buah salak untuk kesehatan, Seperti halnya buah lain, buah salak juga memiliki berbagai manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan. 10 manfaat buah salak berdasarkan kandungan gizinya sangat berguna untuk kesehatan salah satunya adalah buah salak mengandung berbagai vitamin salah satunya vitamin a yang sangat baik untuk menjega stamina tubuh. Selain itu vitamin a yang setara dengan karoteriod sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Apabila anda tidak menyukai wortel, buah yang satu ini dapat menjadi alternatif yang dapat coba.
  2. Manfaat buah salak untuk kecantikan, Dengan berbagai macam vitamin yang terkandung berdasarkan kandungan gizi dari buah salak, membuat buah berkulit kasar satu ini memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan. Buah salak sangat baik untuk mencegah penuaan dini pada kulit dengan melancarkan proses regenerasi kulit dengan baik.
  3. Manfaat buah salak untuk ibu hamil, Seperti kita tahu, memilih menu makanan untuk asupan ibu hamil tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Untuk ibu hamil muda, kebanyakan dari mereka terkena morning sickness atau perasaan mual pada pagi hari. Untuk mengobati ini, seringkali orang menggunakan buah salak sebagai penawarnya. Rasa ari buah salak dipercaya sangat amouh untuk mengobati mual mual pada ibu hamil.
  4. Manfaat buah salak untuk bayi, Manfaat buah salak untuk bayi tidak dapat diaplikasikan langsung pada bayi, namun dengan cara ibu dari bayi yang memberi asi pada si buah hati dapat mengkonsumsi buah salak untuk menyalurkan manfaat buah ini kepada buah hatinya, ini adalah salah satu dari 10 manfaat buah salak berdasarkan kandungan gizinya yang terbilang unik dalam pengaplikasianya.
  5. Manfaat buah salak untuk diet, kandungan serat tinggi yang terdapat pada buah salak sangat bermanfaat bagi anda yang ingin menurunkan berat badan atau diet karena kandungan serat buah salak ini dapat mengganjal perut lapar dan menunda rasa lapar.
  6. Manfaat buah salak sebagai pencegah kanker, Salah satu zat yang terkandung dalam buah salak dipercaya sangat baik sebagai zat yang ampuh untuk mencegah kanker. Adalah zat yang terkandung dalam bagian dari salak yaitu pada kulit ari. Untuk itu, ada baiknya mulai sekarang anda mengkonsumsi salak tanpa mengubas kulit arinya sebagai upaya untuk pencegahan kanker. Karena mencegah lebih baik dari mengobati.
  7. Manfaat buah salak untuk diare, Selain buah jambu, dengan 10 manfaat buah salak berdasarkan kandungan gizinya buah manis nan segar ini dipercaya sangat ampuh untuk menymbuhkan diare. Dengan kandungan zat bernama tanin yang jumlahnya sama tingginya dengan yangterkandung pada daun jambu biji membuat buah ini sering digunakan untuk pengobatan diare yang cepat dan alami.
  8. Manfaat buah salak untuk otak, Siapa sangka jika buah salak memiliki manfaat yang baik untuk otak, namun riset menunjukan bahwa memang ada senyawa dalam buah salak uyang sangat bagus untuk mendukung perkembangan sel sel otak.
  9. Manfaat buah salak untuk perut, Kandungan kaya manfaat buah salak seperti beta karoten, tanin dan mineral juga serat dalam buah salak sangat berguna untuk menjaga kesehatan perut dengan membantu melancarkan pencernaan.
  10. Manfaat buah salak untuk rabun jauh, Tidak banyak yang tahu bahwa buah salak dapat digunakan sebagai obat yang dapat menyembuhkan penyakit rabun jauh pada mata dengan kandungan vitamin a nya yang tinggi.

Macam-macam salak

Berdasarkan kultivarnya, di Indonesia orang mengenal antara 20 sampai 30 jenis di bawah spesies. Beberapa yang terkenal di antaranya adalah :

  • Salak Sidimpuan dari Sumatera Utara,
  • Salak condet dari Jakarta,
  • Salak pondoh dari Yogyakarta
  • Salak Bali dari Bali
  • Salak condet merupakan flora provinsi DKI Jakarta.

Salak pondoh.

Salak pondoh merupakan kultivar yang dikembangkan dari populasi di lereng Gunung Merapi sisi tenggara dan mulai dikembangkan pada tahun 1980-an. Salak pondoh memiliki ciri khas daging buah yang manis, garing, dan tidak sepat sewaktu muda. Buah ini menjadi salah satu simbol penting untuk kepariwisataan Yogyakarta.

Salak pondoh sendiri ada bermacam-macam lagi variannya. Beberapa yang terkenal di antaranya adalah pondoh super, pondoh hitam, pondoh gading, pondoh nglumut yang berukuran besar, dan lain-lain. Di wilayah DIY, sentra penghasil salak pondoh ini adalah kawasan lereng Gunung Merapi yang termasuk wilayah Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman.

Salak pondoh nglumut atau kerap pula disebut salak nglumut, namanya diambil dari nama desa penghasil varietas salak unggul ini yaitu Desa Nglumut yang juga berada di hamparan Merapi dan termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kini perkebunan salak pondoh telah meluas ke mana-mana, seperti ke wilayah Wonosobo, Banjarnegara, Banyumas, Kuningan dan lain-lain.

Jenis-jenis lain
Ada beberapa macam salak lain yang dikenal di Indonesia:

  • Salak condet, asalnya dari Jakarta. Ukurannya kecil, sedang, sanmpai besar. Warnanya coklat hingga kehitaman. Buahnya tebal, rasanya manis, agak kelat, hingga agak kesat.
  • Salak bali, berasal dari Sibetan, Bali. Ukurannya kecil hingga sedang. Warnanya coklat muda cenderung agak cerah, sisiknya jauh lebih halus, daging buahnya tebal, serta manis rasanya, dan teksturnya kering. Adapun bijinya kecil dan tunggal.
  • Salak gading dan salak kembang arum, kedua-duanya asalnya dari Jogja pula. Bisa dibedakan dengan salak pondoh, berdasarkan warna kulit dan dan ukuran buahnya. Salak gading warnanya kuning-gading mengkilap, ukurannya sedang; serta, salak kembang arum coklat warnanya, ukurannya bermacam antara kecil, sedang, hingga besar.
  • Salak penjalinan, berasal dari Bangkalan, Madura. Kecil, coklat-kekuningan, dan rasanya manis, renyah, dan masir.

 

sumber: www.healthbenefitstimes.com

About Zan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »