Jumat , 20 Oktober 2017
Penting
Manfaat Jeruk Purut

Manfaat Jeruk Purut

idkesehatan.com-Jeruk purut adalah jenis jeruk yang juga banyak mengandung vitamin C, dari rasanya yang asam segar, banyak orang menggunakan jenis jeruk purut sebagai menu hidangan. Fungsi jeruk purut dalam masakan adalah untuk menambah rasa asam dan segar dalam masakan, dan jeruk purut juga tak kalah dengan jenis jeruk lainnya seperti, jeruk nipis maupun jeruk limau dari segi manfaat.

Kegunaan jeruk purut selain untuk bumbu masakan juga untuk merawat kecantikan, jadi apabila anda memiliki wajah yang kurang terawat dan kusam, anda dapat memanfaatkan jeruk satu ini sebagai salah satu bahan untuk perawatan wajah anda, dan kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk purut mampu menghindarkan tubuh dari penuaan dini. Seperti dilansir dari merdeka.com, dibawah ini khasiat jeruk purut bagi kesehatan yang kami sajikan untuk anda.

Manfaat Jeruk Purut

Merawat Wajah
Manfaat pertama dari jeruk purut untuk merawat wajah. Hal ini tentunya cocok untuk Anda yang memiliki permasalahan pada wajah, bisa saja permasalahan tersebut berupa wajah kusam, wajah berminyak dan bekas noda akibat jerawat. Cara mengatasi masalah-masalah pada wajah tersebut bisa menggunakan jeruk purut. Cara penggunaannya adalah dengan mengiris jeruk purut yang sudah dicuci bersih kemudian tempelkan pada bagian wajah yang ingin dibersihkan. Hal ini bertujuan untuk menunda penuaan dini pada kulit wajah Anda, merawat wajah dan juga mengatasi beberapa noda bekas jerawat serta wajah berminyak atau wajah kusam.

Mengobati Influenza
Influenza adalah jenis penyakit yang menyerang sistem pernapasan, dan biasanya penderita merasakan menggigil. Badan terasa lelah dan tidak bersemangat, untuk itu Anda bisa mengatasi influenza dengan menggunakan jeruk purut. Caranya adalah dengan mengambil sari jeruk purut, kemudian campur dengan air panas. Aduk air jerul purut, tambahkan madu sebagai pemanis, setelah itu minum perlahan sampai air jeruk purut habis. Dalam hal ini jeruk purut dan madu menjadi kombinasi tepat untuk menghilangkan virus penyebab influenza, selain itu juga untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh Anda.

Daya Tahan Tubuh
Sedangkan kegunaan jeruk purut untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima, Anda bisa mengkonsumsinya dengan membuat minuman dari sari jeruk purut seperti. Dengan mengkonsumsi air jeruk purut, kekebalan atau tingkat daya tahan tubuh Anda akan meningkat, dalam hal ini vitamin C bermanfaat untuk melawan bakteri dan virus yang menyerang tubuh. Sehingga Anda terhindar dari batuk dan penyakit lainnya seperti influenza.

Mengatasi Batuk
Sama halnya dengan cara mengatasi influenza dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, jeruk purut berguna untuk mnegobati batuk. Batuk yang mengganggu pernapasan Anda bisa diselesaikan dengan mengkonsumsi sari jeruk purut dicampur dengan madu dengan tambahan sedikit air hangat. Minumlah ramuan herbal tersebut secara rutin untuk mengobati batuk. Setidaknya Anda dianjurkan minum air jeruk purut satu hari selama 2 atau 3 kali.

Mengatasi Kulit Kering
Manfaat jeruk purut untuk kecantikan salah satunya adalah untuk mengatasi kulit kering. Untuk menggunakannya, Anda cukup mengoleskan jeruk purut yang telah dicuci dan diiris kebagian kulit kering, lakukan dengan rutin sebelum beristirahat malam untuk mendapat hasil yang maksimal.

    Merawat Kesehatan Rambut
Memiliki rambut lebat dan sehat membuat kita merasa percaya diri, ternyata jeruk purut juga dapat digunakan untuk merawat rambut supaya menjadi sehat dan juga menghilangkan ketombe, Anda bisa menggunakan sari jeruk purut kemudian Anda balurkan diakar rambut, sehingga rambut Anda mendapat nutrisi yang tepat dan hal ini bertujuan agar rambut tidak mudah rontok.

Demikian adalah beberapa manfaat jeruk purut untuk kesehatan dan kecantikan. Anda bisa menggunakan jeruk purut sebagai alternatif pengganti stamina yang hilang dan juga untuk menjaga kekebalan tubuh.

About Bayu Kusuma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »