Selasa , 17 Oktober 2017
Penting
Manfaat Kacang Panjang Untuk Wanita

Manfaat Kacang Panjang Untuk Wanita

idkesehatan.com-Anda pasti sudah sering mendengar tentang sayuran yang satu ini. Di pasar maupun di dapur Anda sendiri, kacang panjang merupakan salah satu sayuran penting dalam menu makanan masyarakat di Indonesia. Baik dijadikan masakan dalam sayuran seperti lodeh, atau menjadi bahan dalam membuat sayur pecel, sayur dengan nama ilmiah Vigna sinensis ini adalah sayur yang mempunyai banyak sekali manfaat.

Dalam soal kesehatan, Anda bisa menggunakan sayuran ini sebagai:

• Sumber protein
Seperti juga tanaman kacang-kacangan yang lain, kacang panjang mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi, dan bisa membantu dalam menjaga daya tahan tubuh.
• Memperkuat tulang
Di dalam kacang panjang terdapat kalsium dan magnesium, keduanya berfungsi untuk membuat tulang menjadi kuat dan mencegah kerapuhan.
• Serat tinggi
Serat yang tinggi berguna untuk memperlancar pencernaan, sekaligus juga untuk menekan agar kadar gula di darah tidak semakin tinggi.
• Antibodi
Antioksidan di dalam kacang panjang dan juga vitamin membuatnya bisa mencegah radikal bebas untuk masuk ke dalam tubuh, membuatnya terlindungi.
• Membentuk eritrosit
Sel darah merah bisa terbentuk salah satunya adalah karena adanya zinc dalam jumlah yang cukup. Kacang panjang bisa menyuplai kandungan zinc tersebut.

Selain untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, ada satu lagi kegunaan kacang panjang yang lebih spesifik. Kacang panjang ternyata sangat penting bagi kesehatan payudara wanita. Hal ini bisa terjadi lantaran di dalam kacang panjang mempunyai zat yang bersifat estrogonik, yaitu zat yang disebut dengan falfonoit. Adanya zat ini akan mampu merangsang hormon estrogen yang dimiliki wanita, sehingga memberikan manfaat bagi payudaranya.

Apa saja manfaat kacang panjang bagi payudara wanita? Inilah penjabarannya:

• Membesarkan payudara
Seperti sudah disebutkan di atas, kacang panjang mengandung zat yang disebut dengan falfonoit. Zat ini sangat berguna merangsang hormon estrogen, yang bertugas memperbanyak sel epitel di payudara. Semakin banyak epitel, otomatis payudara akan membesar.
• Membuat payudara kencang
Di dalam kacang panjang terdapat zat yang disebut dengan selenium dan juga zat besi. Kedua zat ini sangat berguna untuk antioksidan, dan menghilangkan radikal bebas, sehingga otomatis membuat payudara tampak kencang dan padat.
• Mencegah kanker payudara
Dalam kandungan zat di kacang panjang, banyak terkandung antioksidan yang sangat berperan penting dalam mencegah tumbuhnya sel kanker di tubuh. Mengingat betapa eratnya kacang panjang dan fungsinya untuk payudara, tidak heran jika sayuran ini bisa mencegah kanker.

Untuk memanfaatkan kacang panjang secara spesifik, Anda bisa melakukannya dengan cara:

1. Untuk memperbesar payudara
• Tumbuk halus 10 batang kacang panjang.
• Oleskan merata di seluruh permukaan payudara.
• Tunggu sampai kering kurang lebih 30 menit hingga 1 jam.
• Pijat searah jarum jam, lalu bersihkan.
• Lakukan 3 hari dalam seminggu.
2. Mengencangkan payudara
Mirip dengan cara memperbesar payudara, pada dasarnya, Anda membuat masker kacang panjang untuk payudara Anda. Hanya saja, diamkan selama 3 jam, dan bersihkan dengan air yang suam-suam kuku.
3. Mencegah kanker
Untuk mencegah kanker, Anda bisa melakukannya dengan mengonsumsi kacang panjang sebagai makanan pelengkap sehari-hari. Buatlah menjadi sayur sop, lodeh, tumisan, dll.

Melihat berbagai kegunaannya tersebut, apakah Anda tertarik ingin menanamnya sendiri? Bila Anda ingin menanamnya di pekarangan, pastikan bahwa Anda telah mempunyai tanah yang tepat agar kacang bisa hidup, yaitu tanah yang gembur, subur dengan banyak unsur hara di dalamnya. Selain itu, kacang panjang juga lebih baik ditanam di dataran rendah.

About Bayu Kusuma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »