Sabtu , 23 September 2017
Penting
Membedakan Telur Ayam Kampung Asli dan Palsu

Membedakan Telur Ayam Kampung Asli dan Palsu

idkesehatan.com – Saat ini beberapa pedagang bisa mengelabui harga telur ayam kampung yang kampung yang mahal dengan menyulap telur ayam negeri atau ayam potong yang ukurannya kecil menjadi telur ayam kampung menggunakan bahan pemutih atau klorin dan cuka, agar kulit telur ayam negeri yang tadinya cokelat berubah menjadi putih seperti kulit telur ayam kampung.

Untuk itu Anda harus menjadi pembeli yang cermat. Perhatikan ciri-ciri telur ayam kampung asli berikut saat membelinya.

Bentuk dan Ukuran Telur:

Jika dilihat secara sekilas bentuk dan ukuran telur ayam kampung asli dan palsu memang sangat sulit untuk dibedakan. Namun jika diperhatikan lebih detil, bentuk telur ayam kampung yang asli lebih oval dan salah satu ujungnya meruncing.

Beda dengan telur ayam kampung palsu, di mana ujung-ujung telurnya membulat, alias tidak nampak ada salah satu ujung telur yang runcing.

Warna

Warna telur ayam kampung tiruan biasanya lebih putih dan bersih dibandingkan dengan telur ayam kampung yang asli. Telur ayam kampung asli memiliki warna putih sedikit kecokelatan.

Kemudian jika dipecahkan, warna kuning telur ayam kampung biasanya lebih merah atau oranye, sementara warna kuning telur ayam negeri terlihat lebih pucat dan ukuran kuningnya juga lebih kecil dibandingkan dengan telur ayam negeri.

Tekstur Kulit Telur

Kulit telur ayam kampung yang asli memiliki tekstur yang lebih halus, licin, dan mengilap. Tidak demikian dengan tekstur dari kulit telur ayam kampung aspal (asli tapi palsu).

Jika diraba kulitnya cenderung kasar dan berkapur. Tekstur kulit ayam kampung aspal ini akibat dari proses pemutihan yang dilakukan untuk mengelabui konsumen.

About Lucia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »