Minggu , 24 September 2017
Penting
Menahan Kencing Berbahaya Bagi Kesehatan

Menahan Kencing Berbahaya Bagi Kesehatan

idkesehatan – Keinginan untuk buang air kecil terkadang diabaikan oleh sebagian orang ketika berada di kondisi tertentu yang tak memungkinkan ke toilet, bisa jadi karena lalu lintas yang macet atau mungkin toilet yang kurang higienis. Karena alasan itulah seseorang terpaksa menahan kencing. Tentunya bahaya ya, karena kan menahan pipis kalau keseringan bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Kalau pada wanita, keseringan menahan kencing ini bisa bikin anyang-anyangan, sakit, dan air kencing jadi berwarna merah karena ada infeksi

Kandung kemih rata-rata memiliki kapasitas menampung urine sekitar 0,4 liter dan ketika seseorang menahan kencing, maka kandung kemih akan melakukan mekanisme seperti halnya melar atau meregang.

Selain itu, semakin lama menahan kencing, kandung kemih menjadi tempat bersarangnya bakteri. Bakteri inilah yang dapat menyebabkan infeksi yang dapat menyebar ke ginjal dan kemungkinan menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada tubuh.

Namun disaranakan untuk tidak mengurangi minum, terlebih jika ingin bepergian jauh. Justru dengan minum dapat mengurangi infeksi dan membersihkan organ ginjal.

Kan sudah dianjurkan minum 8 gelas sehari. Nah, makannya kalau sebelum bepergian jangan malas untuk buang air kecil dulu supaya enggak kebelet nanti pas macet.

Sebaiknya dipertahankan minum yang cukup 2-3 liter per hari, kencing 300-500 ml per kali untuk orang sehat pada umumnya. Akan tetapi angka-angka ini sangat bervariasi untuk masing-masing orang tergantung berat badan dan kondisi kesehatan

Penyebab dan cara mengatasinya

Masalah inkontinensia urine tersebut sering terjadi akibat kebiasaan menunda-nunda ke toilet karena kesibukan kerja atau faktor kurang bersihnya toilet. Bisa juga karena kebiasaan menahan buang air kecil ketika mengemudi sambil menahan air kencing.

Kebiasaan menahan kencing ketika mengemudi ini dapat mengundang bahaya. Perbuatan menahan kencing ditemukan memiliki efek yang sama dengan keracunan alkohol atau tidak tidur selama 24 jam terus menerus. Bila manusia sampai ke titik sakit, mereka tidak mampu berpikir dan membuat keputusan lagi. Ia sama seperti mabuk.

Masalah kesulitan mengontrol buang air kecil ini lebih sering terjadi pada kalangan wanita muda. Seseorang yang mengalami masalah ini akan membuang air bahkan lebih dari 10 kali sehari dan dan terjadi kebocoran jika menahannya.

Diantara metode yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah melatih otot yang berfungsi dalam mengontrol kencing (senam kegel) , latihan kandung kemih, penggunaan obat dan operasi.

Mengingat betapa pentingnya fungsi dari buang air kecil, maka hal ini haruslah menjadi suatu kewajiban untuk dituntaskan, dan jangan pernah ditahan. Jangan pernah anda menahan untuk membuang air kecil dalam waktu yang sangat lama dan sering. Hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. apa saja bahayanya?

1. Menahan buang air kecil berarti menahan pembuangan kotoran dalam tubuh

Bahaya menahan buang air kecil terlalu lama yang pertama adalah membiarkan kotoran berada di dalam tubuh lebih lama. Apabila anda menahan untuk membuang air kecil, artinya anda menunda dan menumpuk kotoran – kotoran sisa pencernaan di dalam tubuh anda. Hal ini berarti tubuh anda harus menyimpan kotoran lebih lama. Kotoran – kotoran tersebut mengandung banyak zat – zat yang berbahay bagi tubuh, yang amana akan menimbulkan infeksi apabila terlalu lama disimpan atau ditahan di dalam tubuh.

2. Dapat mengganggu proses pencernaan

Dengan menahan buang air kecil, maka secara langsung anda akan mengganggu dan merusak proses pencernaan yang terjadi di dalam diri anda. ketika proses pencernaan harusnya sudah selesai, namun tidak ditntaskan, maka hal tersebut dapat mengganggu proses pencernaan berikutnya. Proses pencernaan berikutnya bisa mengalami proses yang cukup maksimal dan tertunda karena anda belum membuang sisa hasil pencernaan sebelumnya.

2. Dapat mengganggu organ – organ pencernaan

Dengan terganggunya proses pencernaan, maka organ – organ yang bertugas untuk melancarkan proses pencernaan pun akan terganggu. Beberapa organ seperti ginjal, kandung kemih dan saluran kencing akan sangat terganggu fungsinya.

4. Akan menimbulkan penyakit – penyakit dan infeksi pada organ pecernaan

sponsored links
Dengan menahan buang air kecil, maka anda akan ‘memperlancar’ tubuh anda untuk mengalami penyakit – penyakit yang berhubungan dengan organ pencernaan. Berikut ini beberapa penyakit organ pencernaan yang dapat terjadi ketika anda menahan untuk membuang air kecil :

Infeksi Pada Ginjal Infeksi pada ginjal disebabkan oleh menumpuknya urin yang seharusnya dikeluarkan pada bagian ginjal. Infeksi pada ginjal dapat berpengaruh pada :
Siklus Pembuangan Urin
Pendarahan Ketika Melakukan Buang Air Kecil
Terjadinya Gagal Ginjal
Infeksi pada ginjal masih dapat disembuhkan dengan cara menghentikan kebiasaan menahan buang air kecil dan rajin minum air mineral.

Gagal Ginjal. Dengan menumpuknya kotoran yang berasal dari urin yang seharusnya dikeluarkan, maka ginjal akan mengalami kerusakan apabila menampung urin terlalu lama. Hal ini biasa disebut dengan istilah gagal ginjal. Apabila gagal ginjal sudah terjadi, maka :
Ginjal tidak mampu menyaring dan membuang kotoran – kotoran sisa pencernaan
Siklus pencernaan akan menjadi kacau dan semakin buruk
Gagal ginjal merupakan tahapan yang sudah parah, dan tidak bisa disembuhkan. Gagal ginjal hanya dapat diatasi dengan cara melakukan pendonoran pada ginjal pasiennya..

Batu Ginjal. Batu pada ginjal akan terbentuk ketika urin yang menumpuk pada bagian ginjal mulai menggumpal dan mengalami pengerasan. Pengerasan ini dapat terjadi, karena urine memiliki kandungan Kristal – Kristal garam, yang akan menggumpal dan mengeras ketika semakin bertambah banyak. Batu ginjal akan membuat terjadinya :
Infeksi pada ginjal
Rasa sakit dan perih pada saat melakukan buang air kecil
Sulit melakukan buang air kecil
Rasa nyeri pada bagian ulu hati
Untuk mengatasi batu ginjal yang sudah terjadi, maka harus dilakukan operasi pembedahan untuk mengangkat dan menghancurkan batu ginjal yang muncul.

Infeksi Kandung Kemih. Urin merupakan sisa pencernaan yang memiliki banyak bakteri dan kotoran yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Dengan menumpuknya urin, akan menimbulkan infeksi pada bagian kandung kemih. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri – bakteri yang menempel pada bagian kandung kemih. Infeksi pada kandung kemih dapat dirasakan ketika :
Muncul rasa nyeri pada perut bagian bawah
Muncul rasa nyeri saat buang air kecil
Buang air kecil lebih sering dengan volume yang sedikit
Buang air kecil dengan disertai pendarahan
Infeksi Saluran Kencing
Sama seperti infeksi pada kandung kemih, infeksi pada saluran kencing juga dapat terjadi karena adanya bakteri dan kotoran yang menempel pada bagian tersebut. Infeksi pada saluran kencing juga memiliki gejala – gejala yang sama dengan infeksi kandung kemih

Ketika anda sudah merasakan gejala – gejala seperti di atas, maka anda wajib memeriksakan hal tersebut ke dokter. Biasanya penyakit yang berhubungan dengan terganggunya proses pencernaan memliki gejala – gejala yang mirip, sehingga dokter pun akan mengetahui gangguan apa yang terjadi pada organ pencernaan anda

5. Anyang – Anyangan

Anyang – anyangan merupakan istilah yang dikenal untuk mendefinisikan kondisi sakit dan nyeri yang terjadi ketika sedang melakukan buang air kecil. Anyang – anyangan dipastikan merupakan akibat dari kebiasaan dalam menahan buang air kecil, dan merupakan tanda – tanda dari munculnya infeksi saluran kandung kemih.

Bagaimana mengatasinya? Biasanya penyakit anyang – anyangan dapat teratasi dengan meminum air putih dengan teratur, dan menghentikan kebiasaan menahan buang air kecil.

Efek lebih lanjut dari kebiasaan menahan air kencing terlalu lama adalah anda akan meraskaan sakit saat buang air kecil yang mungkin disebabkan karena prostat.

Apakah menahan buang air kecil dapat menyebabkan kanker?

Mungkin akan muncul satu pertanyaan penting dari anda, apakah dengan menahan buang air kecil akan menimbulkan kanker? Pada dasarnya, proses menahan buang air kecil saja tidak akan menimbulkan kanker. Namun demikian, beberapa penyakit yang ditimbulkan karena menahan buang air kecil memiliki potensi untuk menimbulkan gejala – gejala pertumbuhan kanker pada tubuh anda.

Menahan buang air kecil dapat berpengaruh pada infeksi saluran kencing, infeksi kandung kemih dan infeksi ginjal. Dengan terjadinya infeksi tersebut, maka bakteri dan kuman dapat memperparah infeksi yang terjadi, shingga dapat berkembang menjadi sel kanker. Beberapa kanker di bawah ini dapat terbentuk karena infeksi yang terjadi pada saluran pencernaan :

Kanker Prostat
Kanker Serviks
Kanker Rahim
Kanker Kelenjar Getah Bening
Bagaimana Mencegah Semua itu Terjadi?

Untuk mencegah dan menghindari berbagai macam infeksi hingga kanker yang terjadi karena menahan buang air kecil terjadi, ada beberapa saran yang sangat simpel dan mudah untuk dilakukan :

Jangan pernah menahan buang air kecil.
Selalu minum air putih atau air mineral yang cukup.
Makan makanan yang menandung serat tinggi
Selalu lakukan pemeriksaan ke dokter apabila mengalami gejala – gejala yang dirasa aneh pada bagian perut dan pencernaan.
Itulah beberapa bahaya yang dapat ditumbulkan ketika anda meanahan untuk buang air kecil dalam waktu yang lama dan intensitas yang sering dilakukan. Semoga bermanfaat.

About Zan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »