Selasa , 21 November 2017
Penting
Menangani Benjolan Ditangan atau Kaki

Menangani Benjolan Ditangan atau Kaki

www.idkesehatan.com – Menangani Benjolan Ditangan atau Kaki. Gumpalan ganglion yaitu type massa yang menonjol serta muncul di tangan dan bisa tumbuh dibagian atas, samping, atau bawah pergelangan tangan. Gumpalan ganglion dapat juga muncul di ujung persendian jari-jari sampai dibagian bawah jari-jari dalam beragam ukuran.

Terkadang, ganglion bisa tumbuh semakin besar apabila pergelangan tangan terus-menerus melakukan aktivitas. Demikian sebaliknya, makin sedikit kesibukan pergelangan tangan, tonjolan ganglion juga bisa makin mengecil.

Ganglion bisa keluar dari persendian dan bersifat mirip balon. Sisi dalam dari balon menggumpal itu merasa tidak tipis, licin, cair, serta sama cairan yang melubrikasi persendian.

Ganglion umumnya berlangsung pada orang yang berumur 15 – 40 tahun serta umumnya dihadapi wanita atau pesenam. Ganglion yang tumbuh di ujung sendi jari dimaksud kista mucous yang muncul karena artritis pada sendi jari-jari. Namun, kista mucous ini umumnya muncul pada orang yang berumur 40 – 70 tahun.

Gejala

Wajarnya, ganglion tidak menyebabkan tanda-tanda apapun. Tetapi waktu gumpalan cairannya menghimpit saraf-saraf, bisa muncul rasa sakit, geli, serta lemah otot.

Walau sekian, tanda-tanda kista ganglion biasanya yaitu :

  1. Tonjolan yang jadi membesar di dekat pergelangan tangan atau sendi jari
  2. Bulat, kenyal, serta halus
  3. Diisi cairan
  4. Ukuran bergantung pada tingkat kesibukan sendi, jadi semakin besar saat sering menggerakkan sendi yang terserang serta tumbuh lebih kecil saat sendi banyak diistirahatkan
  5. Umumnya tidak sakit, walau dalam sebagian masalah kista bisa mengakibatkan tekanan pada saraf dekat sendi, yang bisa mengakibatkan rasa sakit, kekurangan, atau mati rasa.

Cara memastikan beresiko tidaknya
Ganglion dapat melalui kontrol photo rontgen pergelangan tangan yang bisa memerlihatkan susunan tulang, peluang ada artritis, ataupun tumor tulang. Kontrol ini umumnya ditunjang MRI atau USG agar jaringan lunak seperti ganglion dapat tampak lebih terang.

Penyembuhan
Kehadiran tonjolan akibat kista ganglion bisa hilang dengan sendirinya tanpa ada membutuhkan penyembuhan.
Walau demikian bila kehadiran kista ganglion nyatanya mengganggu atau menyakitkan, makan ia juga membutuhkan perawatan serta penyembuhan.

Sebagian pilihan penyembuhan kista ganglion yang bisa direferensikan, diantaranya :

  1. Imobilisasi
    Karena kesibukan sendi bisa membuat kista ganglion tumbuh semakin besar, dokter bisa mereferensikan menggunakan balutan atau pembebat pada pergelangan tangan untuk imobilisasi daerah itu.
    Hal itu bisa menolong daerah yang terserang untuk beristirahat, hingga bisa menolong memperkecil kista. Saat kista berkurang, jadi bisa kurangi tekanan pada saraf, hingga bisa menyingkirkan rasa sakit.
  2. Aspirasi
    Dalam masukan, dokter akan kuras cairan dari kista. Untuk mengerjakannya, dokter akan melakukan prosedur anestesi lokal. Lalu, dokter menusuk kista dengan jarum serta mengambil cairan dari dalam kista dengan jarum suntik.
    Dokter mungkin saja merekomendasikan suntikan steroid ke kista yang kosong sesudah masukan. Sesudah masukan, sejumlah 60 % dari kista ganglion masihlah bisa kambuh. Bila kista kambuh, masukan bisa diulang.
    Tetapi, dalam sebagian masalah dokter bisa mereferensikan operasi untuk mengangkat kista itu.
  3. Operasi
    Bila mempunyai rasa sakit yang penting atau kesusahan dengan gerakan sendi, atau bila penyembuhan yang lain tidak bekerja, dokter bisa merekomendasikan operasi untuk mengangkat kista ganglion.
    Dalam umumnya masalah, dokter lakukan operasi pada pasien tanpa ada memerlukan rawat inap. Hingga sesudah operasi pasien bisa segera pulang.

Semoga Bermanfaat

About Lucia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »