Selasa , 21 November 2017
Penting
Mengatasi Gejala Flu

Mengatasi Gejala Flu

idkesehatan.com-Influenza atau yang dikenal dengan sebutan flu adalah infeksi akibat virus yang menyerang saluran pernafasan, hidung, tenggorokan dan paru-paru. Flu dapat mempengaruhi kinerja alat pernafasan dan mengganggu aktivitas normal sehari-hari. Oleh karena itu, mengatasi gejala awal flu dengan tepat adalah salah satu cara agar virus tidak semakin menjadi-jadi.

Berikut ini adalah tips mudah mengatasi gejala awal flu:

1. Minum Air Putih

Saat terserang flu, maka minumlah air putih dalam jumlah yang banyak minimal 8 gelas per hari agar dapat membersihkan virus-virus yang ada di tenggorokan Anda.

2. Minuman Hangat

Agar saluran pernafasan Anda menjadi lebih lega, maka minumlah minuman hangat seperti teh, jahe, dan air jeruk hangat. Hal ini untuk mengencerkan lendir sehingga lebih mudah dibuang.

3. Istirahat Total

Flu adalah salah satu indikasi terjadinya penurunan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, istirahat total adalah salah satu cara ampuh untuk mengatasi gejala awal flu.

4. Konsumsi Sup Ayam

Sup ayam dikenal sebagai obat ampuh untuk penderita flu. Aroma sup ayam dan kandungan rempah dalam sup ayam dapat melegakan tenggorokan dan menghangatkan badan.

5. Terapi Uap

Terapi uap ini berguna untuk melonggarkan pernafasan Anda saat flu. Caranya adalah dengan menuangkan air panas ke dalam baskom, kemudian letakkan Handuk di atas kepala Anda. Hirup uap panas dari atas baskom berisi air panas. Niscaya pernafasan Anda akan menjadi lega dan flu pun mereda.

6. Aroma Bawang

Aroma bawang merah maupun putih dapat menjadi obat untuk meredakan flu. Sifat antibiotiknya dapat dimanfaatkan untuk membunuh kuman yaang meyerang saluran nafas Anda. Caranya, iris-iris bawang merah atau putiih, kemudian letakan di depan hidung dan hirup aromanya.

Itulah tips mudah meredakan gejala awal flu bagi Anda yang ingin segera sembuh dari flu. Langkah ini dapat membuat Anda bisa beraktifitas kembali dengan segera.

About Bayu Kusuma

Translate »