Sabtu , 23 September 2017
Penting
Mengobati Penyakit Jampes atau Tinea Cruris

Mengobati Penyakit Jampes atau Tinea Cruris

idkesehatan.com-Apa itu Penyakit Jampes ? Penyakit ini mungkin jarang di dengar karena memang jampes merupakan istilah yang biasa di gunakan oleh orang jawa (javanese). Penyakit jampes ini memiliki nama latin Tinea Curis. Yaitu penyakit kulit yang diderita oleh pasien pada daerah selangkangan atau sekitar kemaluan. Penyakit jampes ini di sebabkan oleh Bakteri Jamur Dermatofit. Sedang dermatofit sendiri adalah kelompok jamur kulit yang tumbuh pada lapisan kulit mati.

Tanda Tanda Penyakit Jampes

Penyakit ini ditandai dengan rasa gatal yang tidak tertahankan serta warna merah pada wilayah pisak selangkangan. Mayoritas penderita penyakit ini adalah seseorang yang sedang dalam masa puber atau ABG dan tidak terbatas pada laki laki dan perempuan saja.

Penyebaran Tinea Curis

Karena penyakit ini di sebabkan oleh jamur, maka penyebaran yang terjadi adalah dengan pembentukan ruam yang dimulai di wilayah selangkangan, terutama pada lipatan lipatan antara paha dan alat kelamin si penderita. Pada ruam inilah rasa gatal itu pertama kali muncul dan dilanjutkan dengan tanda warna merah. Ironisnya, gatal gatal yang terdapat pada selangkangan ini bisa menyebar ke bagian tubuh lain.

Cara Mengobati Jampes

Jika Anda sudah mengerti bahwa asal mula penyakit ini adalah jamur. Maka sudah bisa di pastikan cara mengobati penyakit ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu lebih rajin dan teliti terhadap kebersihan tubuh Anda diri sendiri. Hendaknya pasien tidak melewatkan waktu membersihkan diri seluruh badan atau mandi, dan jika memungkinkan gunakanlah sabun anti septic atau yang mengandung sulfur untuk membersihkan badan.
Bagi Anda yang sudah menderita penyakit jampes, Anda harus menggunakan Celana Dalam yang bersih, berbahan dasar halus dan menyerap keringat. Hal ini menjadi penting di lakukan agar mengurangi pergesekan antara kulit yang sensitif di daerah selangkangan. Selain celana dalam, Anda juga disarankan untuk mengganti pakaian setiap hari.
– Jagalah kelembapan daerah selangkangan Anda untuk mencegah jamur berkembang biak.
– Hindarilah berbagi handuk dengan orang lain
– Menggunakan Salep atau krim obat jamur baik Anda gunakan untuk mencegah rasa gatal yang berlebih. Anda bisa menggunakan Salep Topikal Ketoconazole, Miconazole & Econazole. Dan salep ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di aoptik. Namun untuk beberapa kasus penderita yang sudah meradang, Anda bisa menggunakan Krim Steroid. Anda juga bisa menggunakan bedak salicil untuk menjaga selangkangan tetap kering.

Anda bisa memeriksakan diri Anda lebih lanjut dengan bantuan praktisi kesehatan terdekat, untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Ragam individu bisa menerima perbedaan hasil pada setiap penyakit dan penanganan yang dijabarkan diatas. Semoga Anda sehat selalu dan lekas sembuh dari penyakit jampes.

About Bayu Kusuma

Translate »