Selasa , 17 Oktober 2017
Penting
Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat

Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat

idKesehatan – Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat. Lambung adalah salah satu organ tubuh yang berada di dalam perut. Fungsinya sebagai fasilitas menyimpan makanan dalam jangka pendek. Dengan fungsinya tersebut, seorang manusia dapat mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar dan waktu yang singkat namun dicerna dengan jangka waktu yang berbeda. Ketika lambung penuh, organ penting ini dapat menyimpan sekitar 1 liter hasil kunyahan makanan.

Tips Menjaga Lambung Agar Tetap Sehat
Ketika makanan masuk ke dalam kerongkongan Anda, makanan tersebut akan didorong oleh dua otot melingkar atau yang biasa dikenal dengan nama sfingter. Setelah terdorong, makanan akan masuk ke lambung dan secara bersamaan organ lambung akan merilis enzim dan asam klorida dengan fungsinya masing-masing.

Melihat begitu pentingnya fungsi lambung untuk proses pencernaan, tentunya Anda harus memiliki sikap tersendiri untuk menjaganya. Anda tidak perlu muluk-muluk untuk pergi ke dokter dan membeli banyak obat. Karena yang perlu Anda lakukan adalah merubah pola hidup menjadi lebih baik dan diantaranya adalah dengan melakukan beberapa cara agar lambung tetap sehat.

Seperti yang telah diketahui bahwa ada berbagai macam makanan yang dapat dikonsumsi oleh lambung, namun beberapa makanan tertentu memiliki manfaat lebih optimal dalam menjaga kesehatan lambung, maka dari itu Anda bisa mengkonsumsi makanan-makanan tersebut untuk menjaga lambung Anda agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Simak dibawah ini, beberapa cara dan makanan yang mampu menjaga lambung Anda tetap sehat.

  1. Olahraga
    Salah satu masalah yang datang pada lambung adalah lemak di perut. Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan lambung, Anda harus menurunkan lemak di perut dan salah satu caranya adalah dengan melakukan olaharaga yang dapat membakar kalori.
    Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Duke University pada tahun 2011 disebutkan bahwa olahraga aerobik adalah cara yang paling efektif untuk menyingkirkan lemak di perut. Bahkan dalam penelitian tersebut juga dijelaskan bahwa latihan aerobik mampu membantu tubuh menghilangkan lemak visceral di dalam perut dan bukan hanya lemak subkutan yang ada di bawah kulit. Beberapa jenis aerobik yang dapat Anda lakukan sehari-hari adalah jogging, berenang, berjalan, berlari, menari dan kickboxing.
  2. Hindari lemak
    Seperti yang disebutkan sebelumnya, lemak pada perut dapat menggangu sistem kerja dari lambung. Oleh sebab itu, tips agar lambung tetap sehat selanjutnya adalah dengan menghindari semua hal yang dapat meningkatkan lemak yang tidak sehat. Misalnya dengan tidur lebih awal dan cukup, menghindari stres, tidak merokok dan menghindari junk food.
  3. Mengkonsumsi makanan sehat
    Selain menghindari makanan yang tidak sehat, Anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang sehat, bernutrisi dan dapat menjaga sistem kerja lambung berjalan dengan baik. Beberapa jenis makanan di bawah ini mungkin dapat Anda masukkan ke dalam porsi makan Anda sehari-hari.
    A. Jahe
    Jahe sejak zaman dahulu sudah dipercaya dapat mengobati masalah pencernaan, termasuk mual. Selain itu, jahe juga diteliti memiliki beberapa kemampuan untuk mengobati jenis-jenis sakit perut. Efek anti-inflamasi yang ada pada jahe pun dapat dijadikan suplemen yang baik untuk lambung Anda.
    B. Peppermint
    Selain jahe, Anda juga bisa mengkonsumsi peppermint untuk menjaga kesehatan lambung. Peppermint sendiri memiliki khasiat yang banyak untuk menjaga sistem pencernaan, mulai dari mulut, kerongkongan hingga masuk ke perut. Anda dapat menyeduh teh peppertmint, membeli permen mint ataupun mengunyah secara langsung daun peppertmint.
    C. Cuka sari apel
    Jika Anda merasa mual akibat munculnya bau dari lambung atau Anda merasakan sakit pada bagian perut, maka cuka sari apel ini adalah obat rumahan yang dapat mengatasinya. Cuka apel diteliti memiliki kemampuan untuk menetralisir sakit perut. Bahkan, kandungan asam pada cuka juga mampu membuat pati turun ke penceraan, dimana fungsi dari pati ini adalah untuk menjaga bakteri sehat yang ada pada usus. Untuk cara mengkonsumsinya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil beberapa sendok cuka apel untuk meminumnya setiap hari sebagai preventif atau pencegahan timbulnya masalah pada lambung.
  4. Makan secara teratur
    Makan adalah hal yang penting, termasuk untuk keberlangsungan lambung Anda. Ketika Anda telat atau pola makan Anda buruk, maka yang terjadi adalah munculnya berbagai jenis penyakit yang akan menyerang lambung. Salah satu contoh penyakit yang umum terjadi adalah penyakit maag. Penyakit ini disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat, seperti telat atau kurang mengkonsumsi makanan dan pilihan makanan yang tidak sehat.

Diatas merupakan beberapa cara menjaga lambung tetap sehat, Sebenarnya semua anggota tubuh dapat berjalan dengan baik serta sehat jika tidak memasukkan berbagai macam makanan randah gizi ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, mengubah pola hidup menjadi lebih baik merupakan tips agar lambung tetap sehat yang paling efektif dan mudah.

Selain itu, makan dengan teratur merupakan kunci agar terhindar dari penyakit maag yang masih berkaitan erat dengan organ lambung. Mulai sekarang jagalah pola makan Anda dengan mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan agar lambung Anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan lambung seperti radang lambung atau maag, asam lambung dan masalah kesehatan lambung lainnya.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »