Selasa , 17 Oktober 2017
Penting
Olahraga Sehat Saat Wanita Menstruasi

Olahraga Sehat Saat Wanita Menstruasi

idKesehatan – Saat terjadi menstruasi, wanita sering mengalami kondisi yang tidak menyenangkan. Secara psikis dan fisik terasa perbedaan yang cukup mencolok. Secara psikis, wanita yang sedang menstruasi akan lebih mudah marah, sulit dikendalikan dan memiliki sensitifitas perasaan yang lebih tinggi.

Sedangkan dari segi fisik, mereka akan merasa perut kram, sakit, mual, dan tubuh akan cepat lelah. Namun, hal ini bisa dikendailkan dengan berbagai olah raga untuk wanita yang mengalami datang bulan, berikut ini 6 olahraga yang sebaiknya dilakukan oleh wanita yang tengah menstruasi.

Sudah menjadi kodrat seorang wanita untuk mengalami menstruasi setiap bulannya. Hal ini diakibatkan oleh adanya peluruhan dinding rahim karena tidak dibuahi. Kejadian ini berlangsung setiap bulan dalam siklus tertentu, yang menandakan bahwa dirinya dalam keadaan subur.

Namun, hal ini bisa dikendailkan dengan berbagai olah raga untuk wanita yang mengalami datang bulan, berikut ini olah raga yang sebaiknya dilakukan oleh wanita yang tengah menstruasi :

High Intensity Interval Training (HIIT)
Jenis olah raga ini dikenal juga dengan latihan interval intensitas tinggi. Olah raga ini bisa dilakukan dengan cara bersepeda cepat dengan interval tertentu. Melakukan HIIT secara rutin lebih ladyfem, obat terapi kista, agen ladyfem banyuwangi, obat keputihan berwarna, obat herbal, obat keputihan menahun, obat keputihan alamiefektif melenyapkan lemak saat menstruasi dari pada saat tidak menstruasi. Ahli fisiologi olah raga USA, Stacy Sims menjelaskan bahwa saat menstruasi kadar estrogen dan progesteron akan menurun sehingga kemungkinan tubuh akan mengakses karbohidrat serta glikogen. Otomatis pembakaran kalori akan lebih cepat saat mengalami menstruasi.

Strength training
Olah raga jenis ini mengutamakan latihan kekuatan bagi wanita. Cara ini bisa membantu anda untuk mendapatkan tubuh lebih indah. Namun harus berhati-hati karena otot di area perut yang akan berperan penting, bisa jadi kram perut justru semakin parah.

Peregangan
Cara ini bisa membantu anda mengurangi kram dan otot lebih relaks. Cara melakukannya dengan duduk atau berbarih dan kedua lutut diarahkan ke dada. Lakukan pernafasan melalui perut agar lebih rileks dan terhindar dari kram. Lakukan ini berulang kali dengan meluruskan kaki pada posisi awal dan tarik lutut ke arah dada.

Kadio
Berbagai kegiatan olah raga yang termasuk dalam kategori kardio diantaranya adalah berjalan, berlari, bersepeda statis, mesin elliptical trainer dan lain sebagainya. Olah raga ini dapat membantu meningkatkan hormon endorfin sehingga dapat mengurangi rasa sakit akibat kontraksi rahim. Selain itu, endorfin juga akan membantu meringankan sakit kepala serta kram akibat menstruasi.

Berenang
Meski ini tidak banyak dilakukan oleh wanita menstruasi, apalagi berenang di depan umum karena kemungkinan darah darahnya bisa keluar dan mengotori kolam renang. Namun ternyata berenang pada air yang dingin bisa membantu anda merasa lebih rileks dan membakar kelebihan lemak. Bahkan bisa melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh sehingga kram serta nyeri akibat menstruasi akan berkurang.

Demikianlah idKesehatan berbagi informasi olah raga yang bisa anda lakukan saat sedang mengalami menstruasi. Jika ragu atau mengalami kesulitan dalam menjalani olah raga ini, jangan ragu untuk menanyakan kepada instruktur olah raga anda. Semoga olah raga ini bisa membuat aktifitas setiap hari tidak terganggu meski sedang mengalami menstruasi.

About admin

One comment

  1. Febian Melwa Reksa Aditya

    Thx u for sharing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »