Selasa , 17 Oktober 2017
Penting
Orang-orang Yang Tidurnya Larut Malam Lebih Cerdas

Orang-orang Yang Tidurnya Larut Malam Lebih Cerdas

idkesehatan – Kabar baik untuk Anda yang senang begadang atau tidur tengah malam. Selama ini sejumlah penelitian mengungkapkan efek buruk begadang. Namun, penelitian terbaru menyatakan orang-orang yang tidurnya larut malam lebih cerdas.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan psikolog evolusioner Satoshi Kanazawa dan Kaja Perina, pemimpin redaksi Psychology Today, mereka telah menemukan ritme sirkadian, atau jam biologis, bisa dipengaruhi status IQ seseorang. Dan orang-orang dengan IQ tinggi cenderung lebih nokturnal (aktif di malam hari).

Untuk membuktikannya, seperti dikutip TheDebrief, (05/12/2015), peneliti mengikuti kebiasaan tidur lebih dari 20.000 remaja dari 1994 sampai mereka berusia antara 18 dan 28 tahun. Para responden dibagi dalam kelompok-kelompok IQ:

Sangat bodoh (IQ <75),
bodoh (75 <IQ <90),
Normal (90 <IQ <110),
Cerdas (110 <IQ <125) dan
sangat cerdas (IQ> 125) .

Hasilnya, orang yang sangat bodoh rata-rata tidur pukul 23.41, sedangkan orang-orang yang sangat cerdas tidur hampir satu jam kemudian di malam hari. Dan pada akhir pekan, semua orang tidur sekitar satu jam kemudian dibanding biasanya, tapi orang-orang yang sangat cerdas lebih dari satu jam setelah orang yang sangat bodoh.

Pada penelitian ini juga ditemukan, orang yang bekerja lebih lama umumnya tidur lebih awal dan bangun lebih awal pada hari kerja, begitu pula dengan siswa yang tidur lebih malam akan bangun lebih awal.

By: Lucia

About Lucia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »