Sabtu , 25 November 2017
Penting
Penyakit Hepatitis

Penyakit Hepatitis

idkesehatan.com-Penyakit Hepatitis merupakan penyakit cikal bakal dari kanker hati. Hepatitis dapat merusak fungsi organ hati dan kerja hati sebagai penetral racun dan sistem pencernaan makanan dalam tubuh yang mengurai sari-sari makanan untuk kemudian disebarkan ke seluruh organ tubuh yang sangat penting bagi manusia.

Hepatitis merupakan penyakit peradangan hati karena berbagai sebab. Penyebab tersebut adalah beberapa jenis virus yang menyerang dan menyebabkan peradangan dan kerusakan pada sel-sel dan fungsi organ hati. Hepatitis memiliki hubungan yang sangat erat dengan penyakit gangguan fungsi hati. Hepatitis banyak digunakan sebagai penyakit yang masuk ke semua jenis penyakit peradangan pada hati (liver). Banyak hal yang menyebabkan hepatitis itu dapat terjadi yang tidak hanya dikarenakan adanya infeksi virus dari suatu sumber tertentu. Penyebab hepatitis juga dapat berasal dari jenis obat-obatan tertentu, jenis makanan tertentu atau bahkan pada hubungan seksual yang salah satu dari pasangan memiliki penyakit hepatitis.

Penyakit hepatitis dapat menyerang siapa saja tak pandang usia. Hepatitis jugat dapat terjadi pada bayi, anak-anak, orang dewasa dan orang tua. Hepatitis yang juga banyak melanda pada bayi dari usia 0-12 bulan, pada anak-anak diperkirakan terjadi dari mulai usia 2- 15 tahun, orang dewasa 15-20 tahun dan orang tua diatas usia 40 tahun keatas.

Namun hepatitis yang banyak terjadi dan dialami oleh penduduk Indonesia adalah hepatitis B.

Berikut ini adalah cara penularan virus dari hepatitis B yang banyak terjadi dan dialami khususnya jika terjadi pada anak.

1. Penularan hepatitis B pada bayi dan anak-anak

– Jika seorang ibu yang memiliki riwayat penyakit hepatitis ketika dalam mengandung sangat memungkinkan janin atau bayi yang dikandung juga terjangkit jenis hepatitis yang sama, bahkan resiko lebih besar terjadi pada bayi dibanding ibunya.

– Juga dapat terjadi melalui kontak langsung dengan salah satu anggota keluarga yang menderita hepatitis B.

2. Pengaruh Infeksi Virus Hepatitis B

– Virus hepatitis B (VHB) dapat menyebabkan peradangan yang bersifat akut atau kronis merupakan salah satu penyebab awal kanker hati.

– Jika infeksi yang terjadi pada bayi sebelum bayi berusia kurangd ari 1 tahun memiliki resiko lebih tinggi sekitar 90 % mengidap hepatitis akut atau kronis, namun sebaliknya jika infeksi hepatitis B terjadi pada bayi setelah berusia 2-5 tahun maka resiko dari penyakit hepatitis B akan berkurang sekitar 50 % bahkan apabila infeksi terjadi diatas usia 5 tahun resiko penyakit hepatitis ini hanya 5-10 %.

– Diperkirakan sekitar 25 % dari anak yang teridentifikasi penyakit hepatitis kronis dapat berlanjut mejadi dan berkembang menjadi sirosis ( kerusakan pada organ hati dan pengerutan hati ) dan atau kanker hati dan pada orang dewasa hanya 15 % yang berkembang menjadi sirosis atau kanker hati.

Obat penyakit hepatitis alami

Obat penyakit hepatitis alami adalah beberapa macam atau jenis obat yang digunakan untuk mengobati hepatitis dengan menggunakan bahan bahan yang alami, yang bahan bahan alami ini tidak menimbulkan efek samping dalam menggunakannya. Atau juga bisa dengan menggunakan obat hepatitis yang dibuat oleh resep dokter.  Hepatitis adalah penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kotor dan juga bisa disebabkan oleh makanan yang kotor.

Kemudian ada juga gejala hepatitis ini, dan gejalanya adalah akan menimbulkan penyakit kuning. Hepatitis ini bisa menyebabkan penyakit kanker hati. Jenis hepatitis ini memiliki beberapa macam, ada penyakit hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C. Selain obat penyakit hepatitis alami ini, ada juga cara mencegah hepatitis ini dengan memakan makanan yang mengandung protein didalamnya serta menghindarkan atau menjauhkan minuman yang mengandung alkohol. Selain itu ada juga gejala hepatitis A pada anak ini.

Selain dengan pernyataan yang ada diatas, ada beberapa macam atau jenis obat penyakit hepatitis alami dan ampuh. Dan berikut obat alaminya adalah :

    Dengan menggunakan bambu kuning

Salah satu obat penyakit hepatitis alami adalah dengan menggunakan bambu kuning. Cara menggunakan bambu kuning ini untuk mengobati hepatitis adalah dengan cara ditumbuk pangkal bambu kuning, yang sudah ditambahkan dengan daun nanas dan adas pulowaras. Setelah itu tambahkan setengah air dan minumlah ramuan bambu kuning dengan rutin dan teratur. Cara ini sangat mudah untuk digunakan dan diterapkan bagi siapa saja, yang bahan bahan ini tidak ada efek sampingnya. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan dengan baik dan benar, agar hepatitis ini tidak dapat terjadi pada diri Anda dengan mudah. Yang pada intinya hepatitis ini bisa menimbulkan bahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.

Dengan menggunakan daun nanas

Salah satu obat penyakit hepatitis alami adalah dengan menggunakan daun nanas. Cara menggunakan daun nanas ini untuk mengobati hepatitis adalah dengan cara ditumbuk, yang sudah ditambahkan pangkal dari bambu kuning dan adas pulowaras. Setelah itu tambahkan setengah air kedalam ramuan daun nanas dan terakhir minumlah ramuan daun nanas ini dengan rutin dan teratur. Cara ini sangat mudah untuk digunakan dan diterapkan bagi siapa saja , yang bahan bahan ini tidak ada efek sampingnya. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar hepatitis ini tidak dapat terjadi pada diri Anda dengan mudah. Yang pada intinya hepatitis ini bisa menimbulkan bahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.

   Dengan menggunakan adas pulowaras

Salah satu obat penyakit hepatitis alami adalah dengan menggunakan adas pulowaras. Cara menggunakan adas pulowaras ini untuk mengobati hepatitis adalah dengan cara ditumbuk yang sudah ditambahkan denan daun nanas dan bambu kuning yang hanya diambil pangkalnya saja. Setelah itu tambahkan setengah air kedalam ramuan adas pulowaras dan terakhir minum air ramuan adas pulowaras ini dengan rutin dan teratur. Cara ini sangat mudah untuk digunakan dan diterapkan bagi siapa saja yang bahan bahan ini tidak ada efek sampingnya. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar hepatitis ini tidak dapat terjadi pada diri Anda dengan mudah. Yang pada intinya hepatitis ini bisa menimbulkan bahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.

  Dengan menggunakan tiram

Salah satu obat penyakit hepatitis alami adalah dengan menggunakan tiram. Cara menggunakan tiram ini untuk mengobati hepatitis adalah dengan cara direbus yang telah dicampurkan dengan daun seledri, yang sebelumnya bahan bahan tersebut sudah dibersihkan. Terakhir minum air ramuan tiram ini dengan rutin dan teratur. Cara ini sangat mudah untuk digunakan dan diterapkan bagi siapa saja, yang bahan bahan ini tidak ada efek sampingnya. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar hepatitis ini tidak dapat terjadi pada diri Anda dengan mudah. Yang pada intinya hepatitis ini bisa menimbulkan bahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.

Dengan menggunakan akar licorice

Salah satu obat penyakit hepatitis alami adalah dengan menggunakan akar licorice. Cara menggunakan akar licorice ini adalah dengan cara direbus sampai matang, yang sebelumnya akar licorice sudah dibersihkan terlebih dahulu. Minumlah air ramuan akar licorice ini dengan rutin dan teratur. Cara ini sangat mudah untuk digunakan dan diterapkan bagi siapa saja, yang bahan ini tidak ada efek sampingnya. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar hepatitis ini tidak dapat terjadi pada diri Anda dengan mudah. Yang pada intinya hepatitis ini bisa menimbulkan bahaya jika tidak segera daiatsi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.

Penularan Penyakit Hepatitis

Penularan Penyakit Hepatitis – Virus banyak di temukan dimana mana, dan dapat dengan mudah untuk masuk ke dalam tubuh hingga menyebabkan infeksi dan akhir nya menjadi suatu penyakit. salah satu penyakit yang dapat di sebabkan oleh virus adalah penyakit hepatitis. Penyakit hepatitis jika sudah di derita oleh tubuh akan merusak hati, sehingga fungsi hati akan menurun atau tidak dapat bekerja dengan baik.karena itu virus memang membahayakan, terlebih pada kondisi tubuh yang lemah akibat kelelahan atau kurang enak badan seperti sakit masuk angin. Maka akan dengan mudah untuk di masuki virus, terutama virus hepatitis.

Jenis Penyakit Hepatitis

Penyakit hepatitis A

Penyakit hepatitis adalah jenis penyakit hepatitis yang dapat dengan mudah untuk terkena oleh siapapun. Karena penyakit hepatitis ini akan mudah sekali penularan nya dengan melalui kotoran. kotoran yang terdapat virus hepatitis akan mudah untuk di kenai dengan mudah pada makanan dan juga air yang telah tercemar. Sehingga penularan penyakit hepatitis a adalah yang paling mudah untuk terjadi.

Penyakit hepatitis B

Jika penyakit hepatitis a di sebabkan oleh makanan atau minuman yang kotor dan telah tercemar oleh virus hepatitis, maka yang hepatitis b sudah meningkat penularan nya, yaitu melalui darah. Penyakit hepatitis b akan mudah untuk menular melalui darah penderita hepatitis.

Penyakit Hepatitis C

Penyakit hepatitis yang selanjut nya adalah penyakit hepatitis c yang juga cukup bahaya jika terjadi. Seorang bisa terkena penyakit hepatitis c dikarenakan penularan penyakit hepatitis c dikarenakan oleh darah juga. Dan biasa nya penularan penyakit hepatitis ini tidak dengan transfusi melainkan dengan penggunaan alat seperti jarum suntik. Jarum suntik yang di gunakan untuk menyuntikan obat terlarang ke tubuh. dan penggunaan jarum suntik di gunakan oleh banyak orang sehingga penularan nya dapat dengan mudah dan juga cepat.

Penyakit Hepatitis D

Seorang yang mengalami hepatitis d bisa terjadi jika ada riwayat memiliki penyakiy hepatitis b sebelum nya. dan penyakit hepatitis b yang di deriat cukup parah, sehingga dapat semakin parah dengan meningkat menjadi jenis penyakit hepatitis d

Penyakit Hepatitis E

Penyakit hepatitis merupakan akibat dari penularan penyakit hepatitis dari virus yang memasuki mulut melalui makanan yang juga telah terdapat virus hepatitis.
Gejala Penyakit Hepatitis

Demam

Ketika tubuh telah mengalami penularan penyakit hepatitis maka akan menyebabkan demam, dan demam yang dialami hampir sama dengan demam yang terjadi pada gejala flu. Sehingga akan membuat penderita penyakit hepatitis tidak akan menyadari bahwa yang di rasakan merupakan gejala dari penyakit hepatitis.

Sakit tenggorokan

Setelah penularan penyakit hepatitis setelah beberapa minggu juga akan mengalami sakit tenggorokan. Hal ini menujukan bahwa virus telah menginfeksi bagian tubuh dan sudah sampai pada bagian tenggorokan.

Mual dan muntah

Karena tenggorokan sudah di infeksi akibat dari penularan penyakit hepatitis maka dari pencernaan juga akan mengalami gangguan sehingga ketika di masukan oleh makanan atau minuman akan keluar kembali. mual dan muntah akibat penularan penyakit hepatitis akan membuat nafsu makan seorang penderita nya akan hilang dan berat badan juga akan turun secara bersamaan.

  Pusing kepala

Pusing kepala juga akan terjadi dan termasuk gejala dari penularan penyakit hepatitis yang akan membuat kepala akan berat jika bangun setelah berbaring. Dan hal yang ingin di lakukan pada penderita hepatitis juga hanya berdiam di tempat tidur.

Nyeri sendi

Nyeri sendi juga akan dialami dan bukan karena rematik, tetapi karena penularan penyakit hepatitis yang sudah menginfeksi bagian sendi. Dan jika sudah mengalami sakit sendi maka akan sulit untuk menggerakkan badan dengan mudah.

Sakit perut

Sakit perut yang dialami ketika sakit hepatitis bukan sakit perut biasa, melainkan sakit perut yang akan terasa sangat sakit apabila perut di sentuh atau di tekan. Tetapi jika tidak menyentuh perut maka akan terasa baik baik saja.

Urin yang berubah warna

Ketika mengalami penularan penyakit hepatitis juga akan mengalami perubahan warna urin yang lebih gelap atau lebih pekat dari sebelum nya.

Sakit kuning

Jika mata atau pun kulit mengalami perubahan warna menjadi kuning maka dapat di pastikan jika virus hepatitis telah menginfeksi tubuh.
Penularan Penyakit Hepatitis

Alat pribadi

Alat alat pribadai seperi sikat gigi dan juga handuk bisa terkena virus hepatitis. Sehingga jika menggunakan alat tersebut maka akan dengan mudah untuk terkena penularan penyakit hepatitis.

Darah

Dengan darah yang di miliki oleh penderita penyakit hepatitis akan sangat memungkinan untuk terjadi penularan penyakit hepatitis. Yang mentranfusi darah dengan darah yang telah tercemar oleh virus hepatitis maka kemungkinan nya sangat besar untuk tertular penyakit hepatitis. Yang kontak langsung dengan darah tersebut juga bisa tertular, dan kemungkinan terkena oleh petugas yang mengatur.

    Jarum suntik

Penularan penyakit hepatitis juga dapat denga mudah dari jarum suntik. Dan jarum suntik yang memungkinkan untuk menjadi penularan hepatitis adalah jarum yang telah di gunakan secara bersama sama hingga akan sangat mudah virus memasuki tubuh lalu menginfeksi nya.

About Bayu Kusuma

Translate »