Minggu , 24 September 2017
Penting
Penyakit Sifilis Pada Wanita

Penyakit Sifilis Pada Wanita

idkesehatan.com-Mengapa anda harus mengetahui tanda tanda sipilis ? pengetahuan sejak dini tentang sipilis bisa menanggulangi penyebaran dan mempercepat pengobatan. Penyakit sipilis sangat berbahaya jika dibiarkan, jika anda terkena penyakit sipilis segeralah lakukan pengobatan.

Penyakit menular seksual (PMS) atau penyakit yang dapat menular melalui hubungan seks yang paling banyak terjadi adalah penyakit sipilis atau banyak dikenal dengan istilah penyakit raja singa. Penyakit ini tidak hanya terjadi pada kaum gay atau biseksual, akan tetapi juga dapat terjadi pada wanita serta pria heteroseksual. Banyaknya kasus penyakit ini, membuat setiap orang harus mengetahui gejala atau tanda-tanda sipilis. Penyakit sipilis merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri treponema pallidum yang bersifat kronis serta menahun. Bakteri ini dapat masuk atau menginfeksi tubuh manusia melalui selaput lendir yang terdapat pada tubuh manusia, misalnya yang terdapat pada vagina, mulut, atau melalui kulit. Penyakit ini mengalami perkembangan dalam empat tahap, dan gejala atau tanda-tandanya bermacam-macam pada setiap tahap. Tahapannya mungkin tidak berurutan, dan gejala yang muncul pun tidak selalu terjadi dalam urutan yang sama.
Pada tahap pertama atau tahap premier, tanda-tanda sipilis mungkin muncul pada 10 hari hingga 90 hari setelah terinfeksi bakteri Treponema. Pada tahap ini biasanya terjadi lesi kecil serta tidak menimbulkan rasa sakit pada bagian tubuh tempat masuknya bakteri seperti pada bagian alat kelamin, lidah, rektum, atau bibir. Luka tersebut kecil tapi dapat menyebabkan borok. Selain itu, tahap ini juga biasanya ditandai dengan pembesaran pada kelenjar getah bening yang berada di pangkal paha. Bagian yang terasa sakit akan sembuh tanpa diobati, tetapi bakteri sipilis masih hidup di dalam tubuh. Pada beberapa orang, penyakit sipilis kemudian akan berkembang ke tahap sekunder.
Tanda-tanda sipilis sekunder umumnya mulai dua hingga sepuluh minggu setelah luka timbul dan tanda tersebut termasuk ruam pada kulit yang biasanya muncul seperti luka berwarna merah atau coklat kemerahan, berukuran kecil, dan berada di manapun pada tubuh termasuk pada bagian telapak tangan serta telapak kaki. Selain itu juga biasanya muncul demam, kelelahan dan perasaan yang tidak nyaman, adanya rasa sakit, kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan, rasa sakit di tenggorokan, dan munculnya kutil seperti luka pada mulut atau pada daerah genital. Tanda-tanda ini bisa menghilang dalam beberapa minggu atau berkali-kali muncul dan hilang selama satu tahun. Bila tidak mendapat pengobatan karena tidak menunjukan gejala, sipilis sekunder akan berkembang menjadi sipilis laten (tersembunyi). Tahap laten dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Tanda serta gejala tidak akan muncul kembali, atau penyakit sipilis dapat berkembang ke tahap tersier (ketiga).

Pengobatan sipilis

Sekitar 15 hingga 30 persen orang yang terinfeksi sipilis dan tidak mendapatkan perawatan akan mengalami komplikasi yang dikenal dengan sipilis tersier atau terlambat. Pada tahap ini, penyakit sipilis dapat merusak otak, mata, saraf, jantung, hati, pembuluh darah, tulang dan sendi. Gangguan ini dapat berlangsung selama bertahun-tahun setelah infeksi awal. Tanda-tanda sipilis tahap akhir meliputi: gerakan otot yang tidak terkoordinasi, kelumpuhan, mati rasa, kebutaan secara bertahap, serta pikun. Penularan sipilis yang paling umum adalah melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi saat melakukan hubungan seksual. Bakteri dapa masuk ke dalam tubuh melalui luka kecil atau melalui selaput lendir. Bakteri sipilis sensitif terhadap cahaya, udara serta perubahan suhu, sehingga tidak bisa bertahan atau hidup lama di luar tubuh manusia, oleh karena itu, seseorang tidak akan tertular penyakit sipilis karena menggunakan toilet yang sama, bak mandi, pakaian, dan lain-lain.

About Bayu Kusuma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »