Minggu , 24 September 2017
Penting
Penyebab Ambeien Yang Harus Dihindari

Penyebab Ambeien Yang Harus Dihindari

idkesehatan.com-Gejala awal ambeien biasanya ditandai dengan rasa gatal di sekitar anus, terasa mengganjal setiap sehabis buang air besar dan rasa nyeri serta rasa tidak nyaman saat anda sedang duduk sehingga membuat anda harus duduk dalam posisi miring agar lebih nyaman. Penderita ambeien biasanya merahasiakan sakit yang mereka alami. Hal ini dikarenakan tempat terjadinya ambeien dan adanya tonjolan yang keluar akibat pembengkakan pembuluh darah saat buang air besar sehingga ambeien dianggap penyakit yang memalukan dan bersifat rahasia.
Melihat dari akibatnya yang cukup mengganggu aktifitas, maka ambeien harus anda waspadai dan ditindak lanjuti, misalnya dengan menerapkanterapi untuk mengobati ambeien. Agar anda tidak mengalami ambeien, sebaiknya anda menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya ambeien berikut ini.

Penyebab Ambeien yang Harus Anda Hindari

1. Makanan yang keras

Makanan yang keras merupakan salah satu penyebab terjadinya ambeien. Hal ini dikarenakan makanan yang keras sulit dicerna sehingga membuat kotoran menjadi keras dan sulit dikeluarkan.

2. Kurang minum
Kurang minum juga merupakan penyebab ambeien. Hal ini akan mengakibatkan kotoran yang kita produksi kekurangan cairan sehingga kotoran menjadi keras.

3. Makan Makanan pedas
Makanan pedas juga merupakan salah satu penyebab terjadinya ambeien. Makanan yang pedas akan membuat kotoran yang dihasilkan juga menjadi pedas. Selain itu makanan yang pedas juga akan membuat kita mencret. Hal ini akan membuat kontraksi di perut yang menyebabkan kita mengejan saat buang air besar.

4. Terlalu banyak duduk jongkok
Duduk jongkok tanpa kita sadari menjadi ancaman yang serius bagi kita karena merupakan penyebab ambeien. Saat duduk jongkok, titik berat tubuh akan terpusat ke bagian anus, hal ini menyebabkan aliran darah terpusat ke bagian tersebut. Jika hal ini berlangsung lama dan terjadi terus-menerus maka akan membuat pembuluh darah di bagian tersebut membesar, hal inilah yang kita kenal dengan ambeien atau wasir.

5. Berlama-lama saat buang air besar
Berlama-lama saat buang air besar juga merupakan salah satu penyebab ambeien. Terutama bagi anda yang menggunakan closet jongkok. Hal ini akan memberikan beban berat di bagian anus.

6. Mengejan saat buang air besar
Kebiasaan mengejan saat buang air besar merupakan kebiasaan yang tidak baik, karena dapat menyebabkan ambeien. Hal ini dikarenakan kebiasaan tersebut akan memberikan tekanan lebih di daerah anus.

7. Kehamilan
Kehamilan merupakan salah satu penyebab terjadinya ambeien, maka jarang sekali ibu hamil yang tidak mengalami ambeien. Hal ini dikarenakan beban lebih yang ditanggung ibu hamil semasa kehamilannya. Selain itu ambeien juga dipengaruhi oleh perubahan hormon saat kehamilan.

Hal Lain yang Menyebabkan Ambeien 

Selain sebab-sebab di atas, ambeien juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

1. Kebiasaan mengangkat beban berat
2. Sering minum Es
3. Gangguan pencernaan pada usus besar
4. Kurang Olahraga
5. Kurang makan buah terutama pisang ambon
6. Diare menahun
7. Genetika
8. Hubungan badan antara suami istri yang tidak pada tempat yang ditentukan.

About Bayu Kusuma

Translate »