Sabtu , 25 November 2017
Penting
Penyebab dan Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur

Penyebab dan Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur

idkesehatan.com-Menstruasi merupakan perubahan fisiologis pada wanita yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi dan berlangsung secara berkala. Siklus haid rata-rata sekitar 28 hari, dimulai di usia remaja hingga masa menopause. Tidak semua wanita mengalami haid lancar. Banyak wanita mengeluh ketika mengalami siklus panjang, atau sebaliknya. Nyeri dan rasa sakit sering mengiringi haid yang tidak teratur.

Penyebab Menstruasi tidak lancar dan tidak teratur

– Gangguan fungsi hormon

Datang bulan pada wanita dipengaruhi oleh hormon yang dikendalikan oleh kelenjar hipofisa yang terletak di otak. Sistem hormonal ini bekerja untuk mengatur produksi sel telur. Gangguan pada sistem ini akan mempengaruhi  siklus haid.

– Depresi atau stres

Hal ini masih terkait erat dengan sistem metabolisme tubuh. Stres berat dapat menyebabkan mudah lelah, daya tahan menurun sehingga menganggu metabolisme. Hal ini disebabkan kenaikan hormon kortisol akibat stres berat, sehingga mengganggu hormon reproduksi.

– Sistem metabolisme tubuh terganggu

Wanita dengan berat badan berlebihan sering mengalami gangguan sistem metabolisme, begitu juga terlalu kurus. Untuk mengatasinya, wanita perlu melakukan diet sehat dan menjaga pola makan.

– Gangguan pada Kelenjar Tiroid

Produksi kelenjar gondok yang berlebihan ataupun terlalu sedikit akan mengganggu sistem hormonal tubuh, sehingga dapat menyebabkan haid tidak lancar.

Untuk mengatasi haid tidak lancar, biasanya diberikan penambahan jenis hormon tertentu sehingga hormon tubuh menjadi seimbang. Di sini kita membahas cara alami, tanpa menggunakan obat-obatan.

1. Jus Lidah Buaya

Banyak sekali senyawa yang terdapat di dalam lidah buaya. Hampir semua jenis vitamin dikandung di dalamnya, enzim anti peradangan dan 20 jenis asam amino. Selain untuk meningkatkan kesehatan rambut dan mengobati diabetes, lidah buaya punya peranan dalam mengobati menstruasi tidak lancar.

2. Jus Pepaya

Minum jus pepaya selama seminggu sebelum datang bulan, dapat memperlancar menstruasi. Untuk menghilangkan nyeri haid, sediakan selembar daun pepaya, buah asam dan garam. Setelah semua bahan dicuci, rebus bersama air hingga mendidih. Minum airnya selagi hangat.

3. Sering makan Buah Anggur

Anggur kaya akan berbagai jenis vitamin dan mineral penting yang baik untuk tubuh. Selain bermanfaat untuk kecantikan kulit, anggur juga punya kemampuan untuk memperlancar haid.

4. Jus Labu

Meskipun sedikit pahit, labu bermanfaat untuk mengatasi terlambat datang bulan.

5. Biji Wijen

Untuk mengatasi siklus menstruasi tidak teratur dapat menggunakan biji wijen. Rendam bijinya ke dalam air hangat selama semalaman. Ketika anda bangun di pagi hari, minumlah airnya selagi perut kosong. Lakukan cara ini selama seminggu sebelum datang bulan. Pilihan lain yang lebih mudah adalah dengan sering makan onde-onde.

6. Cuka Apel

Anda dapat menambahkan cuka apel pada buah, sebagai salad untuk dimakan. Cara yang lebih sederhana adalah dengan menyeduhnya ke dalam air hangat, kemudian diminum. Konsumsi cuka apel dapat membantu memperlancar siklus menstruasi. Cuka apel juga baik untuk sistem pencernaan, serta menjaga kadar gula darah.

Ramuan Herbal untuk mengatasi haid tidak teratur

7. Jeruk nipis

Campur 2 sdm air jeruk nipis dan 3 sdm madu. Kemudian seduh bersama 1 ½ cangkir air sambil diaduk hingga merata. Minum sebanyak 3 kali dalam sehari, masing-masing sebanyak 1/3 bagian.

8. Daun Srigading

Sediakan bunga dan daun srigading, 2 kuntum bunga kusumba kering, ¾ sdt jintan hitam, ½ sdt adas, ½ jari pulosari, 2 buah jeruk nipis yang diperas, gula batu secukupnya. Setelah semua bahan dicuci dan dipotong-potong, rebus ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 ¼ gelas. Minum airnya setelah dingin, sebanyak 3 kali dalam sehari masing-masing sebanyak ¾ gelas.

Selain dengan menggunakan bahan alami yang disebutkan, anda perlu melakukan olahraga secara teratur. Renang dan jogging dapat memperlancar sirkulasi darah, serta menurunkan kadar insulin di dalam darah sehingga mencegah terlambat haid.

About Bayu Kusuma

Translate »