Senin , 16 Januari 2017
Penting
Penyebab Kepala Berat, Pusing, dan Mual

Penyebab Kepala Berat, Pusing, dan Mual

idkesehatan.com-Pusing, kepala yang terasa berat dan juga mual merupakan salah satu gejala kesehatan umum yang sering muncul pada manusia. Kepala sering pusing dan terasa berat biasanya merupakan salah satu gejala yang muncul secara bersamaan. Dimana ketika pusing muncul, kepala akan terasa berat dan pandangan seperti berputar-putar.

Ketika kedua hal ini terjadi anda disarankan untuk beristirahat terlebih dahulu dan juga tidak beraktivitas untuk beberapa saat. Namun demikian, biasanya gejala tersebut tidak muncul sendiri, terkadang disertai oleh gejala mual. Apabila dalam keadaan tubuh yang normal, ada beberapa penyebab dari ketiga gejala tersebut, yaitu :

Kepala pusing dan terasa berat :

  • Cuaca yang terlalu panas
  • Beban pikiran yang berlebihan
  • Kurangnya suplai oksigen ke otak
  • Kurangnya asupan kebutuhan nutrisi dari makanan
  • Benturan atau trauma, seperti gegar otak dan juga kepala yang terbentur benda keras

Rasa mual :

  • Makan terlalu banyak
  • Makan terlalu cepat dan tidak dikunyah dengan sempurna
  • Gejala asam lambung yang naik
  • Sakit maag
  • Karena mencium stimulus yang berbau menyengat
  • Masuk angin
  • Demam tinggi

Penyebab

Beberapa penyebab yang diuraikan di atas, merupakan gejala yang ditimbulkan secara independen. Namun demikian terkadang, ketiga gejala tersebut bisa muncul secara bersamaan. Dimana anda akan merasakan kepala sering terasa berat, pusing dan mual secara sekaligus dalam satu waktu. Biasanya, yang dapat menyebabkan hal tesebut adalah sebagai berikut :

  • Keracunan makanan
  • Mencium stimulus yang berbau menyengat dan tidak sedap
  • Sakit maag dan gangguan pencernaan
  • Masuk angin dan meriang
  • Kekurangan asupan makanan dan gizi yang cukup

Hal di atas merupakan beberapa penyebab utama dari munculnya gejala pusing, berat pada bagian kepala dan juga rasa mual yang muncul secara bersamaan. Hal ini adalah sesuatu yang normal karena merupakan respon tubuh yang terjadi karena hal tersebut. Namun demikian, apa yang teradi ketika kita sering mengalami kepala berat, pusing dan mual?

Resiko Penyakit

1. Vertigo

Hal yang paling pasti yang merupakan penyebab seringnya muncul gejala kepala pusing, terasa berat dan juga muncul rasa mual adalah gejala-gejala dari penyakit vertigo.

Vertigo merupakan suatu kondisi dimana tubuh merasakan pusing pada bagian kepala. Biasanya penderita vertigo akan merasakan lingkungan sekitarnya mengalami pergerakan dan berputar – putar tak tentu arah, sehingga akan membuat kebingunngan. Vertigo memiliki banyak sekali penyebab yang dapat dijelaskan secara ilmiah. Secara umum, vertigo menyerang dan mempengaruhi sistem keseimbangan tubuh, yang akan menyebabkan munculnya efek pusing dan ingin terjatuh.

Berikut ini adalah munculnya penyebab vertigo :

  1. Gangguan pada telinga bagian dalam – Gangguan pada bagian telinga dalam merupakan salah satu penyebab utama munculnya gejala vertigo pada tbuh manusia, seperti telinga berdenging terus menerus.
  2. Gangguan pada bagian otak atau syaraf sensori –Penyebab lainnya dari kemunculan vertigo adalah gangguan pada bagian otak dan juga syaraf sensori yang akan menyebabkan munculnya gangguan vertigo.

Hal di atas secara medis merupakan penyebab utama dari munculnya gangguan gejala vertigo yang dapat menyebabkan kepala terasa berat, pusing dan mual. Vertigo sendiri merupakan salah satu penyakit atau gangguan yang cenderung menetap dan sering kambuh. Jadi, apabila anda menyadari bahwa anda mengalami vertigo, maka hampir pasti anda akan merasakan gejala pusing, kepala terasa berat, dan juga mual yang sering muncul.

Untuk mendeteksi adanya gejala vertigo pada tubuh anda, maka harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Pemeriksaan ini dapat dilakukan oleh dokter kepercayaan anda, untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yan gdapat terjadi ketika nani anda mengalami kambuhnya gejala vertigo. Berikut ini adalah cara mendeteksi vertigo :

  • Faktor keturunan dan juga historis dari keluarga pasien.
  • Melakukan asesmen berupa nistagmus tes

2. GERD atau asam lambung yang kronis

Ternyata gejala kepala terasa berat,pusing  dan mual tidak hanya muncul karena disebabkan oleh vertigo, namun demikian masih ada beberapa penyakit kronis lainnya yang kemungkinan dapat muncul dan menyebabkan gangguan serta gejala pusing, kepala berat dan juga mual dalam waktu yang sangat sering. Seperti gangguan asam lambung.

Asam lambung merupakan salah satu jenis gangguan dan penyakit yang apabila sudah parah dapat menimbulkan gejala mual disertai pusing dan juga kepala yang terasa sangat berat. Karena itu, apabila diketahui anda mengalami gangguan asam lambung segera jaga pola makan anda. Agar asam lambung anda tidak akan menyebabkan munculnya gangguan pusing, kepala berat dan mual ketika semakin menjadi parah.

 

3. Kelelahan yang akut pada mata

Mata merupakan salah satu organ yang paling penting untuk penglihatan. Kelelahan pada mata dapat terjadi ketika anda menatap layar tv atau komputer selama beberapa jam non stop. Hal ini dapat memicu munculnya vertigo, dan juga dapat menyebabkan rasa pusing, sakit kepala dan juga rasa mual pada tubuh anda.

 

4. Tumor otak

Belum ada penelitain yang benar-benar menyatakan bahwa tumor otak berkaitan erat dengan gejala pusing, kepala yang terasa berat dan juga mual. Namun demikian, paling tidak, tumor otak juga memunculkan gejala vertigo, yang dapat menyebabkan kepala terasa berat, pusing, sakit kepala dan juga mual. Karena itu, ketika anda merasakan mual, sakit kepala, dan juga pusing yang sering terjadi, ada baiknya anda langsung memeriksakannya ke dokter.

 

5. Stroke

Penyakit lainnya yang mungkin dapat menyebabkan gejala kepala pusing, terasa berat dan juga mual adalah gejala stroke. Bagi anda yang memiliki polah hidup tidak sehat, stroke dapat menyerang anda kapan saja, karena itu jagalah kesehatan anda dengan menerapkan pola hidup sehat.

 

Itulah beberapa penyebab munculnya gejala kepala sering terasa pusing, berat, dan juga mual, serta penyakit yang mungkin dapat muncul.

Salam Sehat idkesehatan.com

About Bayu Kusuma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*