Sabtu , 23 September 2017
Penting
Tips Memilih Susu Cair Yang Sehat

Tips Memilih Susu Cair Yang Sehat

idkesehatan.com-Membeli susu terlihat seperti hal yang sederhana, tetapi memilih susu segar yang bernutrisi tinggi butuh kecermatan dan kejelian. Saat ini, jenis susu di pasaran cukup banyak beredar dengan berbagai varian dan rasa, mulai dari susu bubuk, susu kental manis, krimmer hingga cair. Selain itu, ada juga produk yang menawarkan susu rendah lemak dan susu organik di mana sapi mereka diklaim memiliki akses ke padang rumput langsung, namun biasanya jenis susu ini dijual lebih mahal dari varian sejenisnya. Lalu susu jenis apa yang sekiranya cukup baik dan segar untuk dikonsumsi?

Menurut ahli gizi, susu segar yang baik dan disarankan untuk dikonsumsi adalah susu cair karena dinilai lebih asli yang diolah dan diperas langsung dari sapi perah dan kandungan gizinya pun lebih baik dibandingkan dengan susu jenis lainnya. Susu segar baik UHT maupun tidak memiliki kandungan gizi yang baik, hanya ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih dan membeli susu cair segar untuk dijadikan konsumsi keluarga. Berikut tipsnya.

Perhatikan kemasannya. Dalam mencari susu cair kemasan khususnya untuk anak, sangat penting untuk memperhatikan keaadaan kemasan dan labelnya. Apakah kemasannya ada yang terbuka atau dalam keadaan penyok? Jika produk yang dibeli ternyata dalam keadaan rusak, berarti susu tersebut tak layak untuk dikonsumsi. Pasalnya, susu cair dengan kemasan terbuka memberikan peluang lebih besar untuk terkontaminasi dengan udara di luar dan bakteri, sehingga gizi yang terkandung dalam susu tersebut sudah tak maksimal lagi. Otomatis manfaat vitamin dan kalsium yang diharapkan tak akan didapatkan secara maksimal.

Teliti tanggal kadaluarsanya. Saat membeli susu cair ataupun produk makanan dan minuman lainnya, perhatikan dan cari tanggal kadaluarsanya. Jika Anda tidak menemukan cantuman tanggal kadaluarsa pada sebuah produk, lebih baik hindari karena produk tersebut artinya tidak jelas kapan pembuatan dan batas akhir konsumsinya. Baik makanan maupun minuman khsususnya susu segar memiliki batas kadaluarsa yang tidak lama, jadi teliti sebelum membeli menjadi kuncinya.

Simpan di suhu sejuk. Sebelum kemasan dibuka untuk dikonsumsi, susu bisa disimpan terlebih dahulu di ruang bersuhu sejuk, hal ini untuk menjaga kandungan gizi yang ada di dalamnya tetap dalam keadaan baik.

Sesuaikan kemasan dengan kebutuhan. Jika Anda memiliki anak batita, pilihlah susu cair dengan kemasan kotak kecil agar bisa diminum sekali habis. Bila kemasan yang dibeli berukuran cukup besar, simpanlah di lemari pendingin dengan suhu kurang kebih 4 derajat Celsius agar susu tersebut bisa bertahan tiga hingga 4 hari untuk tetap layak komsumsi.

Segera habiskan untuk mendapat nilai gizi maksimal. Jika susu cair kemasan sudah dibuka, sebaiknya langsung dihabiskan untuk memperoleh gizi yang seutuhnya. Jika Anda mengonsumsinya kembali setalah kemasan dibuka, nilai gizinya tak akan sama lagi seperti di awal konsumsi. Kecuali jika setelah meminumnya Anda menyimpannya dalam lemari es untuk dibekukan atau coba dipanaskan.

Pilih susu rendah lemak untuk anak usia di atas 2 tahun. Susu cair rendah lemak biasanya memiliki kandungan lemak tidak lebih dari 3.7%, susu cair jenis ini sangat disarankan untuk dikonsumsi anak-anak untuk menambah energi ekstra saat melakukan aktivitasnya. Hanya saja, susu cair tidak disarankan untuk anak usia di bawah 1 tahun karena bayi di bawah usia 1 tahun belum bisa mentolerir susu cair segar. Jika memang Anda tidak bisa memberikan ASI eksklusif Anda bisa memilih susu formula sesuai kebutuhan.

About Bayu Kusuma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »