Selasa , 17 Oktober 2017
Penting
Waspada Bersin Terus Menerus

Waspada Bersin Terus Menerus

idkesehatan.com-Banyak orang yang mengalami bersin bersin tanpa sebab. Bahkan kejadian itu berulang setiap hari, ada yang setelah bangun tidur ataupun pada malam hari bahkan ada juga yang mengalaminya setelah mandi. Waspadai gejala Rhinitis Vasomotor yang mungkin anda derita.

 

Penyebab Bersin Terus Menerus

Mungkin setiap orang yang mengalaminya akan memikirkan pertanyaan yang sama dan kebanyakan berfikir itu disebabkan karena flu biasa. Hal yang wajar mengingat bersin merupakan salah satu gejala flu.

Namun tahukah anda ternyata bersin yang terus menerus juga bisa menandakan sebuah penyakit lain. Rhinitis Vasomotor adalah jenis penyakit yang mungkin anda derita.

Rhinitis Vasomotor adalah sejenis peradangan yang terjadi pada lapisan mukosa atau selaput lendir yang penyebab utamanya adalah gangguan pada syaraf vasomotor.

Vasomotor sendiri merupakan sistem syaraf yang mengatur diameter pembuluh darah hidung. Ketidakseimbangan pada syaraf ini seringkali menyebabkan pembuluh darah hidung membengkak sehingga terjadi sekresi mukosa atau ingus yang berlebihan.

Hal yang dapat mempengaruhi ketidakseimbangan vasomotor diantaranya obat-obatan tertentu, faktor fisik seperti alergi cuaca dingin, faktor endokrin serta faktor psikis seperti stress.

Penderita Rhinitis Vasomotor biasanya sangat sensitif terhadap perubahan suhu udara di sekelilingnya. Mereka mengeluhkan bersin bersin ketika berada dilingkungan yang berudara dingin, saat pagi hari atau malam hari, diruangan ber AC ataupun bersin ketika terkena air.

Gejala Rhinitis Vasomotor

Penderita rhinitis vasomotor biasanya mengeluhkan gejala sebagai berikut :

  • Bersin berulang-ulang biasanya pada saat pagi hari dan malam hari
  • Hidung tersumbat dan mengeluarkan lendir yang encer
  • Lebih sensitif terhadap perubahan suhu udara
  • lendir di tenggorokan

Pencegahan Rhinitis Vasomotor

Pencegahan untuk rhinitis vasomotor memang cukup sulit terutama jika tidak diketahui penyebabnya. Namun untuk mengatasinya, anda sebaiknya berolah raga secara teratur di udara terbuka, terutama saat pagi hari. Dengan berolah raga secara teratur diharapkan sistem vasomotor di hidung menjadi lebih baik dan daya tahan tubuh meningkat.

About Bayu Kusuma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Translate »